Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

5 Contoh Soal Hipotesis Statistik dan Jawabannya

Contoh Soal Hipotesis Statistik
Advertisements

Contoh Soal Hipotesis Statistik – Kembali lagi pada kesempatan hari ini kami akan memberikan sebuah contoh soal, dimana untuk contoh soal yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini adalah contoh soal hipotesis statistik.

Barang kali saja ada diantara kalian yang sedang mencari soal hipotesis statistik karena masih belum cukup memahami akan hal tersebut. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat contoh soal yang akan kami berikan hari ini.

Karena selain memberikan pembahasan tentang contoh soal, kami juga turut memberikan beberapa pembahasan lainnya. Dimana beberapa pembahasan lainnya itu sendiri adalah pengertian hipotesis statistik, jenis-jenis sampai dengan prosedur pengujian hipotesis statistik.

Advertisements

Sehingga selain kalian dapat mengetahui bagaimana contoh soal yang mengenai hipotesis statistik, kalian juga mengetahui beberapa hal lainnya yang berhubungan dengan hal tersebut. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa langsung pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Hipotesis Statistik

Hipotesis / anggapan dasar adalah sebuah jawaban sementara untuk suatu masalah yang masih bersifat praduga karena masih memerlukan bebrapa bukti untuk kebenarnya. Dugaan tersebut memiliki sifat sementara yang nantinya akan diuji kebenarnya dengan data yang telah dikumpulkan.

Sedangkan pengertian hipotesis statistik adalah sebuah pernyataan operasional dalam sebuah penelitian kuantitatif yang diartikan dalam bentuk angka statistik sesuai dengan alat ukur yang ditelah ditentukan oleh peneliti atau penguji permasalahan tersebut.

Hipotesis yang dipakai pada hipotesis statistik adalah statistika inferensial yang merupakan metode statistik untuk menganalisa data sampel (contoh) yang hasilnya nanti digeneralisasikan pada populasi dari asal sampel yang digunakan.

Jenis-Jenis Hipotesis Statistik

Hipotesis statistik sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu hipotesis nol (Null Hypethesis) dan hipotesis alterantif (Alternative Hypothesis). Untuk kalian yang ingin mengetahui penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis hipotesis statistik ini, maka bisa langsung melihat penjelasan dibawah ini.

1. Hipotesis Nol (Null Hypothesis)

Hipotesis nol (H0) adalah pernyataan yang tidak memiliki perbedaan parameter atau karakteristik pada populasi. Pada hipotesis nol selalu terdiri dari data yang ada di tingkat populasi dan biasanya ditandai dengan adanya tanda “sama dengan” (=).

Contoh Hipotesis Nol (H0)

  • Hipotesis nol = “x sama dengan y”
  • Hipotesis nol = “x setidakya y”
  • Hipotesis nol = “x paling banyak y”

2. Hipotesis Alternatif (Alternative Hypothesis)

Hipotesis alternatif (H1) adalah sebuah pernyataan yang bertentangan dengan hipotesis nol. Hipotesis alternatif biasanya lebih menunjukan perbedaan dari dua kelompok dan juga dapat menjelaskan sebuah hubungan antar variabel.

Contoh Hipotesis Alternatif (H1)

  • Hipotesis alternatif = “x kurang dari y “
  • Hipotesis alternatif = ” x tidak sama dengan y”
  • Hipotesis alternatif = “x lebih besar dari y”

Prosedur Pengujian Hipotesis Statistik

Pengujian hipotesis adalah tindakan pada statistik yang mengharuskan peneliti untuk melakukan pengujian pada parameter populasi dari sebuah penelitian. Pengujian hipotesis sendiri digunakan untuk menilai pakah hipotesis tersebut masuk akal atau tidak berdasarkan dari data sampel.

Adapun dalam melakukan pengujian hipotesis statistik ini sendiri terdapat beberapa prosedur, prosedur pengujian hipotesis statistik itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Menyatakan dua hipotesis dan salah satu dari hipotesis tersebut merupakan hipotesis yang benar.
  • Merumuskan sebuah rencana analisa dengan tujuan menguraikan bagaimana data tersebut dapat dievaluasi.
  • Melaksanakan renacana dan analisa terhadap data sampel secara fisik.
  • Menganalisa hasil dan menolak hipotesis nol atau menyataka hipotesis nol tersebut masuk akal berdasarkan dari data.

Contoh Soal Hipotesis Statistik

Setelah mengetahui beberapa hal tentang hipotesis statistik, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu contoh soal hipotesis statistik. Dimana kami akan memberikan beberapa contoh soal secara lengkap dengan jawabannya atau pembahasannya.

1. Aturan pada sebuah negara mengenai emisi gas CO kendaraan bermotor ialah 50 ppm dan sebuah perusahaan otomotif melakukan pengujian izin operasi dan akan diperiksa kelayakannya berdasarkan aturan pemerintah negara tersebut.

20 unit mobil dijadikan sebuah sampel data untuk dilakukan sebuah pengujian dasar kadar emisi CO. Dari hasil pengujian tersebut didapatkan data, nilai rata-ratanya adalah 55 ppm dan ragamnya adalah 4.2 ppm dengan menggunakan taraf nyata 5%.

Dari hasil pengujian tersebut, apakah perusahaan tersebut layak mendapatkan izin operasi?

Jawabannya

– Hipotesis yang diuji
H0 = 50 vs H1 : < 50

– Statistik uji
th = (55-50) / (4.2/20) = 10.91
Daerah kritis pada taraf nyata 0,05
Tolak H0 apabila th < -t (0,05;db=19) = -1,729

Kesimpulan

Tolak H0 adalah hasil pengujian emisi gas CO pada contoh / samepl mobil perusahaan yang artinya hasil tersebut melebihi ketetapan yang telah diberikan pemerintah, sehingga perusahaan tersebut tidak layak untuk mendapatkan izin operasi.

Download Soal Hipotesis Statistik

Akhir Kata

Untuk kalian yang sekiranya merasa belum cukup memahami contoh soal diatas, alangkah baiknya jika kalian download contoh soal tersebut. Sehingga kalian lebih banyak memiliki waktu untuk memahami setiap contoh soal yang kami berikan.

Dengan ini berakhir sudah contoh soal hipotesis statistik dan jawabannya dari Calwriterssfv.com, mudah-mudahan saja pembahasan mengenai contoh soal yang baru saja kami berikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semuanya.

Advertisements
Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *