Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

10 Contoh Soal Tekanan Osmotik dan Pembahasannya

Contoh Soal Tekanan Osmotik
Advertisements

Contoh Soal Tekanan Osmotik – Pada kesempatan hari ini kami ingin kembali lagi memberikan sebuah contoh soal untuk kalian, dimana untuk contoh soal yang akan kami berikan hari ini adalah contoh soal tekanan osmotik.

Materi tekanan osmotik sendiri termasuk ke dalam salah satu mata pelajaran kimia untuk tingkat SMA atau setara. Oleh karena itu, materi tekanan osmotik terkadang akan muncul dalam beberapa Contoh Soal Kimia Kelas 11.

Untuk kalian yang sekiranya masih belum cukup memahami mengenai apa itu tekanan osmotik, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu beberapa contoh soal yang pada kesempatan ini akan kami berikan.

Advertisements

Dengan melihat beberapa contoh soal dan juga pembahasan lainnya yang akan kami berikan hari ini, maka diharapkan kalian dapat memahami materi tersebut. Oleh karena itu, kami sarankan kepada kalian untuk melihat terlebih dahulu contoh soal tekanan osmotik yang akan kami berikan.

Pengertian Tekanan Osmotik

Tekanan osmotik adalah sebuah tekanan yang dibutuhkan untuk mempertahakan kesetimbangan osmotik diantara larutan dan pelarut murninya yang dipisahkan oleh membran semipermeabel yang bisa ditembus hanya oleh pelarut tersebut.

Dengan kata lain, tekanan osmotik merupakan tekanan yang dibutuhkan untuk menghentikan osmosis. Karena osmosis akan terjadi pada saat dua lartuan dengan konsentrasi pelarut yang berbeda dipisahkan menggunakan membran.

Dimana molekul pelarut akan melewati membran semipermeabel dari larutan dengan konsentrasi rendah ke larutan yang lebih pekat. Perpindahan tersebut akan terus berlangsung sampai terjadinya kesetimbangan.

Rumus Tekanan Osmotik

Adapun untuk dapat mengerjakan setiap contoh soal yang akan kami berikan hari ini dibutuhkan sebuah rumus. Adapun rumus tekanan osmotik sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, untuk lebih jelasnya bisa langsung melihat rumus tekanan osmotik dibawah ini.

πV = nRT
π = n/V RT
π = MRT

Keterangan:

  • π = Tekanan osmotik (atm atau Pa)
  • V = Volume larutan (L atau dm3)
  • n = Zat terlarut (mol)
  • R = Konstanta gas ideal 0,082 L atm/mol K
  • T = Suhu

Contoh Soal Tekanan Osmotik

Setelah mengetahui pengertian dan rumus tekanan osmotik, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan. Dimana kami akan memberikan beberapa contoh soal secara lengkap dengan pembahasannya, sehingga kalian tidak hanya mengetahui bentuk contoh soalnya saja.

1. Hitunglah tekanan osmotik sebuah larutan 3.6 gr glukosa yang terlarut dalam 500 ml dengan suhu 27 derajat celcius (Mr= 180, R = 0,082 L atm/mol K).

Jawaban:
Hal pertama yang harus dilakukan ialah mengubah suhu derajat celcius menjadi kelvin terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut:

T = 27 derajat celcius
= 27 + 273 = 300 derajat kelvin

Setelah itu dilanjutkan dengan mencari molaritasnya dengan persamaan sebagai berikut:

M = (gram/Mr) × (1.000/V)
= (3,6 / 180) x (1.000 / 500)
= 0,02 x 2
= 0,04 mol/L

Setelah mengetahui molaritasnya, maka tinggal mencari tekanan osmotik dari larutan tersebut dengan rumus sebagai berikut:

= M x R x T
= 0,04 x 0,082 x 300
= 0,984

Download Soal Tekanan Osmotik

Akhir Kata

Untuk kalian yang sekiranya masih kurang dapat memahami contoh soal yang telah kami berikan diatas tadi, maka kami sarankan kepada kalian untuk download terlebih dahulu contoh soal tersebut. Agar kalian lebih banyak memiliki waktu untuk memahami setiap contoh soal diatas.

Dengan ini berakhir sudah pembahasan mengenai contoh soal tekanan osmotik yang sekiranya dapat Calwriterssfv.com berikan untuk kalian pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja beberapa contoh soal diatas bisa memberikan banyak manfaat.

Advertisements
Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.