Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Cara Bayar FIF Lewat ATM BRI

Cara Bayar FIF Lewat ATM BRI
Advertisements

Cara Bayar FIF Lewat ATM BRI – Federal International Finance atau dikenal dengan FIF merupakan perusahaan pembiayaan yang didirikan oleh Astra di mana menyediakan fasilitas konvensional dan syariah terhadap konsumen yang ingin beli sepeda motor Honda.

Dalam pembelian ini sendiri, nantinya Anda hanya perlu melakukan bayar angsuran setiap bulan sesuai dengan tanggal kesepakatan antara pelanggan dan pihak FIF. Dalam metode bayar angsuran FIF ini sendiri, bisa dikatakan cukup banyak pilihan metode.

Misalnya bisa bayar angsuran lewat kantor Pos, Alfamart atau bisa juga lewat ATM (rekening tabungan). Untuk lewat ATM sendiri hampir semua ATM sudah bisa digunakan untuk bayar, seperti misalnya ATM Mandiri, BNI, BRI atau ATM bank nasional lainnya.

Advertisements

Nah, pada pembahasan ini sendiri calwriterssfv.com akan sampaikan informasi bagaimana cara melakukan bayar angsuran FIF lewat ATM BRI. Mungkin bagi para nasabah BRI yang memiliki angsuran/tagihan FIF bisa untuk manfaatkan cara bayar ini.

Syarat Bayar Tagihan FIF Lewat ATM BRI

Syarat Bayar Tagihan FIF Lewat ATM BRI

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara bayar lewat ATM BRI nya, lebih baik Anda harus tahu syarat apa saja yang nantinya diperlukan. Sehingga dalam proses cara bayar tagihan FIF lewat ATM bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya faktor penghambat.

1. Kode Institusi FIF

Syarat pertama untuk bisa bayar FIF lewat ATM yaitu pelanggan FIF harus mengetahui kode institusi dari perusahaan FIF. Di mana kode institusi FIF itu sendiri yaitu 1001, jika kurang yakin Anda nantinya bisa cek saat pemprosesan di ATM BRI.

2. Nomor Pelanggan/Kontrak FIF

Syarat kedua untuk bisa bayar FIF lewat ATM yaitu nomor pelanggan atau nomor kontrak yang sudah berhasil diberikan oleh pihak FIF. Karena dalam proses bayar lewat ATM BRI inilah nantinya pelanggan diminta memasukkan nomor kontrak.

3. Saldo Cukup

Syarat selanjutnya atau syarat ketiga ini menjadi syarat wajib yaitu berupa saldo di dalam rekening tabungan/ATM BRI Anda mencukupi untuk melakukan pembayaran tagihan FIF. Jangan sampai saldo kurang, karena nanti bisa menghambat pembayaran tagihan FIF Anda.

Cara Bayar FIF Lewat ATM BRI

Waktu yang dibutuhkan: 5 menit.

Jika sudah tahu akan syarat-syarat diperlukan untuk bayar FIF lewat ATM BRI, maka langsung cara ke pembahasan mengenai cara atau langkah-langkahnya. Untuk lebih jelas dan paham mengenai cara bayar tagihan FIF lewat ATM nya, bisa simak pembahasan ini sampai akhir.

  1. Masukkan Kartu ATM

    Langkah pertama silakan datang ke gerai ATM BRI terdekat dengan lokasi Anda berada. Jika sudah sampai langsung saja masukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM BRI.
    1. Masukkan Kartu ATM

  2. Pilih Bahasa

    Setelah itu, akan diberikan tampilan menu layar baru yang meminta Anda untuk memilih bahasa. Ada dua pilihan bahasa yaitu Indonesia dan Inggris, pilihlah bahasa yang kiranya mudah dipahami.
    2. Pilih Bahasa

  3. Masukkan PIN ATM

    Cara atau langkah berikutnya yaitu nasabah BRI atau pelanggan FIF di minta untuk memasukkan 6 digit PIN ATM BRI. Jangan sampai salah 3 kali dalam memasukkan PIN ATM ini, karena bisa menyebabkan terblokir.
    3. Masukkan PIN ATM

  4. Pilih Menu Lainnya

    Anda akan diberikan tampilan menu baru, langsung saja pilih MENU LAINNYA.
    4. Pilih Menu Lainnya

  5. Lanjut Pembayaran/Pembelian

    Kemudian pilih menu PEMBAYARAN/PEMBELIAN.
    5. Lanjut Pembayaran Pembelian

  6. Pilih Pembayaran/Pembelian Lain

    Sekali lagi pilih menu PEMBAYARAN/PEMBELIAN LAIN.
    6. Pilih Pembayaran Pembelian Lain

  7. Pilih Angsuran

    Lanjut dengan pilih ANGSURAN.
    7. Pilih Angsuran

  8. Masukkan Kode Institusi (FIF)

    Selanjutnya Anda akan diminta memasukkan kode institusi dari FIF yaitu 1001, jika sudah TEKAN JIKA BENAR. Kiranya Anda kurang yakin Anda bisa cek di DAFTAR KODE INSTITUSI.
    8. Masukkan Kode Institusi FIF

  9. Masukkan Nomor Kontrak Tagihan FIF

    Cara maupun langkah berikutnya yaitu diminta memasukkan nomor kontrak FIF. Jika sudah berhasil dimasukkan TEKAN JIKA BENAR.
    9. Masukkan Nomor Kontrak Tagihan FIF

  10. Konfirmasi Pembayaran

    Di layar mesin ATM BRI nantinya akan memunculkan informasi mengenai pembayaran FIF baik itu nomor kontak, nama, jatuh tempi, angsuran ke, biaya admin dan total pembayaran. Cek semua, jika sudah benar tekan YA.
    10. Konfirmasi Pembayaran

  11. Pilih Jenis Rekening

    Selanjutnya Anda akan diminta memilih jenis rekening yang akan digunakan sebagai sumber pembayaran FIF. Pilih saja yang DARI REKENING TABUNGAN, maka mesin ATM BRI akan memproses bayar FIF Anda.
    11. Pilih Jenis Rekening

  12. Bayar FIF Lewat ATM BRI Berhasil

    Tunggu sebentar sampai mesin ATM BRI selesai memproses, jika sudah berhasil maka mesin akan mengeluarkan struk atau resi pembayaran tagihan FIF. Transaksi bayar FIF lewat ATM BRI berhasil, Anda bisa simpan struk sebagai bukti.
    12. Bayar FIF Lewat ATM BRI Berhasil

Biaya Admin Bayar FIF

Biaya Admin Bayar FIF

Mengenai biaya admin bayar angsuran FIF lewat ATM BRI bisa dikatakan lebih terjangkau dari pada biaya admin transfer uang antar rekening tabungan. Di mana besaran bayar FIF lewat ATM BRI hanya sebesar Rp 3.000 per transaksinya.

Itu jelas berbeda dengan BIAYA TRANSFER MANDIRI KE BANK LAIN atau BRI ke bank lain. Karena pada umumnya biaya transfer yang di bebankan bank sekitar Rp 6.500 ribu rupiah per transaksi. Dengan begitu biaya admin bayar FIF lewat ATM BRI bisa dibilang lebih murah karena hanya Rp 3.000 rupiah per transaksinya.

Tanggal Jatuh Tempo & Denda Terlambat

Tanggal Jatuh Tempo Denda Terlambat
Advertisements

Berbicara mengenai tanggal jatuh tempo sendiri, setiap pelanggan atau nasabah FIF akan memiliki tanggal jatuh tempo yang berbeda satu sama lainnya. Itu dikarenakan kesepakatan antara dua belah pihak yaitu pelanggan FIF dan pihak FIF.

Sedangkan untuk denda terlambat bayar tagihan FIF sendiri yaitu sebesar 0,5 % per hari dari besaran angsuran bulannya. Jadi, jika Anda semakin lama telat bayar angsuran FIF tersebut, maka denda juga akan semakin besar.

Akhir Kata

Selain pembayaran FIF di ATM BRI, Anda juga bisa lakukan lewat ATM Mandiri, BNI, BCA dan lainnya. Jadi Tidak perlu khawatir bagi nasabah bank lain yang juga kebetulan memiliki angsuran FIF, karena Anda hanya sesuaikan dengan ATM yang di punya saja.

Dengan sudah mengetahui cara pembayaran FIF lewat ATM BRI atas, tentu akan memudahkan sekali pelanggan FIF dalam bayar angsurannya. Jangan sampai telat bayar tagihan FIF agar nantinya Anda tidak terkena denda yang begitu besar.

Bagi para pelanggan FIF yang mengalami kendala saat melakukan cara pembayaran angsuran FIF di ATM BRI. Maka bisa untuk menghubungi call center FIF di nomor 1500-343, bisa juga hubungi via WhatsApp di nomor 0895-21500-343.

Kiranya itu saja yang dapat calwriterssfv.com sampaikan mengenai cara bayar FIF lewat ATM. Semoga dengan adanya cara bayar FIF di atas bisa membantu Anda para pelanggan FIF yang kebetulan nasabah BRI namun masih bingung mengenai cara bayarnya.

Advertisements
Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *