Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

20 Contoh Soal Vektor Fisika dan Pembahasannya

Contoh Soal Vektor Fisika
Advertisements

Contoh Soal Vektor Fisika – Kembali lagi pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa contoh soal, dimana contoh soal yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini adalah contoh soal vektor fisika.

Materi vektor fisika sendiri terkadang muncul di beberapa Soal PTS Fisika atau UAS, mulai dari tingkat SMP atau SMA. Jadi untuk kalian yang masih berada di tingkat tersebut, maka kalian akan menjumpai materi vektor pada pelajaran fisika.

Nah, untuk kalian yang sekiranya masih kurang memahami materi vektor pada pelajaran fisika, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu beberapa contoh soal yang pada kesempatan ini akan kami berikan.

Advertisements

Karena selain memberikan contoh soal, kami juga turut memberikan pembahasan lainnya seperti definisi vektor fisika, fungsi sampai dengan rumus vektor fisika. Jadi kalian bukan hanya mengetahui contoh soal yang kami berikan saja.

Apa Itu Vektor Fisika

Pengertian vektor pada fisika ialah salah satu jenis besaran yang mempunyai nilai dan arah. Beberapa fenomena fisika yang termasuk ke dalam besar vektor diantaranya adalah percepatan, kecepatan, momentum, gaya dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk dapat menyatakan besaran vektor, maka nilai vektor harus diikuti dengan arahnya. Sebagai contoh, mobil dengan kecepatan 20 km/jam ke arah timur, mobil berpindah dengan jarak 400 meter ke kanan kemudian budi menarik mobil-mobilan dengan gaya 2 N ke kanan dan lain-lain.

Fungsi Vektor Fisika

  • Setiap transportasi darat laut atau udara masing-masing mempunyai peluang yang sama untuk terjadi kecelakaan.
  • Dalam navigasi, vektor memiliki pengaruh besar kepada keberadaan suatu lokasi yang ditinjau dari tempat yang sedang bergerak (kendaraan). Dimana teknologi ini lebih dikenal dengan GPS (Global Positioning System).
  • Dari sisi sains komputer, vektor dipakai untk pembuatan grafis. Grafis merupakan gambar yang disusun dari banyak titik koordinat.
  • Pada saat penerjun jatuh dari pesawat, maka tempat jatuhnya tidak tepat dibawah pesawat. Akan tetapi akan melenceng jauh yang disebabkan dua vektor gaya, yakni gaya gravitasi serta gaya dorong angin.
  • Pada saat perahu berlayar di laut, maka kecepatan pertahu yang sebenarnya ialah kecepatan gerak perahu serta kecepatan air.
  • Pada sebuah peristiwa memanah, arah gerak busur panah ialah penjumlahan dari gaya tarik tali pada kedua ujung busur.

Rumus Vektor Fisika

Untuk dapat mengerjakan soal vektor dengan benar, maka diperlukan sebuah rumus. Dimana rumus vektor sendiri terbagi menjadi dua, yaitu rumus penjumlahan vektor dan pengurangan vektor. Dengan bentuk rumus tersebut adalah sebagai berikut:

Rumus Penjumlahan Vektor

Poin dari penjumlahan vektor ialah untuk mencari sebuah vektor yang memiliki komponen. Jumlah dari ke dua komponen vektor pembentukannya atau mencari resultan dari 2 vektor. Sebagai contoh untuk vektor segaris resultannya adalah R = A + B + C + n dst…

Sedangkan untuk penjumlahan vektor tidak segaris sebagai contoh ialah gambar dibawah ini.

Vektor Fisika: Pengertian, Rumus, Contoh Soal dan Pembahasannya

Adapun untuk rumus penjumlahan vektor didapatkan dari persamaan sebagai berikut

Vektor Fisika: Pengertian, Rumus, Contoh Soal dan Pembahasannya

Menurut aturan cosinus segitiga,

  • (OR)2 = (OP)2 + (PR)2 – 2(OP)(PR) cos (180o – α)
  • (OR)2 = (OP)2 + (PR)2 – 2(OP)(PR) -(cos α)
  • (OR)2 = (OP)2 + (PR)2 + 2(OP)(PR) cos α
  • Jika OP = A, PR = B, dan Resultan ‘R’ = OR

Maka akan didapatkan persamaan sebagai berikut R2 = A2 + B2 + 2AB cos α dengan rumus untuk menghitung resultan vektornya adalah sebagai berikut.

Vektor Fisika: Pengertian, Rumus, Contoh Soal dan Pembahasannya
Advertisements

Rumus Pengurangan Vektor

Pada dasarnya pengurangan vektor tidak berbeda jauh dengan penjumlahan vektor, yang membedakan hanya salah satu vektor memiliki arah yang berbeda atau berlawanan. Sebagai contoh, vektor A bergerak ke arah barat dan vektor B bergerak ke arah timus.

Maka untuk mendapatkan resultan vektornya adalah R = A + (-B) = A – B

Contoh Soal Vektor Fisika

Setelah mengetahui beberapa hal tentang vektor pada fisika, maka saatnya mengetahui bagaimana contoh soal vektor fisika tersebut secara lengkap beserta dengan pembahasannya. Dimana pada contoh soal yang akan kami berikan hari ini terbagi menjadi dua jenis soal, yaitu pilihan ganda dan essay.

Contoh Soal Vektor Fisika Pilihan Ganda

Contoh Soal Vektor Fisika Essay

Akhir Kata

Untuk kalian yang mungkin merasa masih kurang memahami contoh soal diatas, maka kami sarankan kepada kalian untuk download contoh soal tersebut terlebih dahulu. Supaya kalian lebih banyak memiliki waktu untuk memahami contoh soal diatas.

Dengan ini selesai sudah beberapa contoh soal vektor fisika yang sekiranya dapat Calwriterssfv.com berikan untuk kalian pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja beberapa contoh soal diatas dapat banyak membantu.

Advertisements
Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.