Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

10 Contoh Soal Gaya Lorentz Beserta Jawabannya

Contoh Soal Gaya Lorentz
Advertisements

Contoh Soal Gaya Lorentz – Kembali lagi pada kesempatan hari ini kami akan memberikan pembahasan mengenai contoh soal, setelah sebelumnya juga kami memberikan pembahasan mengenai contoh soal bejana berubungan yang termasuk ke dalam mata pelajaran fisika.

Sedangkan pada kesempatan hari ini kami ingin memberikan pembahasan mengenai contoh soal gaya lorentz, dimana pembahasan tersebut juga masih dari bagian mata pelajaran fisika. Sehingga jangan heran apabila materi ini juga akan muncul di beberapa soal fisika.

Untuk kalian yang sekiranya masih merasa kebingungan dengan materi pelajaran gaya lorentz, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu pembahasan yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan dengan lengkap bersama pembahasan lainnya.

Advertisements

Sehingga kalian tidak hanya mengetahui mengenai contoh soal gaya lorentz saja, melainkan juga mengetahui beberapa pembahasan lainnya yang masih berhubungan dengan hal tersebut. Seperti misalnya, pengertian dan rumus gaya lorentz.

Pengertian Gaya Lorentz

Pengertian gaya lorentz adalah sebuah gaya dalam ilmu fisika yang ditimbulkan oleh muatan listrik yang bergerak ataupun oleh adanya arus listrik yang berada dalam sebuah medan magnet. Apabila ada penghantar yang dialiri arus listrik dan penghantar tersebut ada dalam medan magnet, maka akan menimbulkan gaya yang disebut gaya magnetik atau lebih dikenal gaya lorentz.

Arah gaya lorentz sendiri selalu tegak lurus dengan arah kuat arus listrik (I) dan induksi magnetik yang ada (B). Arah gaya tersebut akan mengikuti arah maju skrup yang diputarkan dari vektor arah gerak muatan listrik (v) ke arah magnet (B).

Rumus Gaya Lorentz

Dari penjelasan diatas, maka akan ditemukan sebuah rumus gaya lorentz. Dimana rumus ini yang nantinya akan digunakan untuk mengerjakan setiap contoh soal yang ada. Rumus gaya lorentz sendiri terbagi menjadi dua yang diantaranya adalah sebagai berikut:

F = q(v x B)

Keterangan:

  • F = Gaya (Newton)
  • B = Medan Magnet (Tesla)
  • q = Muatan listrik (Coulomb)
  • v = Arah kecepatan muatan (meter per detik)

Sedangkan untuk gaya lorentz yang ditimbulkan karena arus listrik (I) dalam suatu magnet (B), rumus gaya lorentz tersebut akan terlihat seperti arah gaya dalam kaidah tangan kanan.

F = I L x B

Keterangan:

  • F = Gaya (Newton)
  • I = Arus listrik (Ampere)
  • B = Medan magnet (Tesla)
  • L = Panjang kawat listrik yang dialiri listrik (Meter)

Contoh Soal Gaya Lorentz

Setelah mengetahui beberapa hal tentang gaya lorentz, maka saatnya kalian mengetahui contoh soal gaya lorentz yang akan kami berikan secara lengkap berserta jawabannya. Sehingga kalian tidak hanya mengetahui bentuk contoh soalnya saja, melainkan juga akan mengetahui jawaban dari soal tersebut.

Contoh Soal Gaya Lorentz (1)

Perhatikan gambar dibawah ini!

Contoh Soal Gaya Magnetik

Apabila arus listrik I dialiri pada kawat AB, arah gaya magnetik yang akan dialami kawat AB adalah …

a. ke arah
b. ke kiri
c. ke kanan
d. tegak lurus masuk bidang kertas
e. tegak lurus keluar bidang kertas

Jawaban

Apabila menggunakan kaidah tangan kanan, kuat arus listrik diibaratkan ibu jari, sehingga telunjuk adalah medan magnet yang akan keluar bidang dan berdasarkan sifat gaya lorentz akan tegak lurus.

Sehingga jawabannya adalah E (tegak lurus keluar bidang kertas)

Contoh Soal Gaya Lorentz (2)

Sebuah kawat penghantar lurus memiliki arus listrik yang arahnya ke timur dan diletakan pada medan magnet yang arahnya ke utara. Pada penghantar tersebut akan timbul gaya lorentz dengan arah ke …

a. Timur laut
b. Bawah
c. Atas
d. Barat
e. Selatan

Jawaban

Untuk dapat menentukan arah gaya lorentz tersebut, bisa menggunakan kaidah tangan kanan seperti berikut.

Kaidah Tangan Kanan Gaya Lorentz

Sehingga jawaban untuk arah gaya lorentz pada soal diatas adalah D (Barat karena tegak lurus dengan B dan I)

Akhir Kata

Apabila kalian masih merasa kesulitan dalam mengerjakan beberapa contoh soal yang kami berikan diatas, maka kami sarankan kepada kalian untuk download contoh soal tersebut. Sehingga kalian lebih banyak memiliki waktu untuk memahami setiap contoh soal yang ada.

Dengan ini berakhir sudah pembahasan mengenai contoh soal gaya lorentz yang sekiranya dapat Calwriterssfv.com berikan kepada kalian pada kesempatan hari ini, semoga saja pembahasan mengenai contoh soal yang baru kami berikan diatas dapat memberikan banyak-banyak manfaat bagi kalian.

Advertisements
Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *