Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

15 Contoh Soal Teorema Pythagoras dan Penyelesainnya

Contoh Soal Teorema Pythagoras
Advertisements

Contoh Soal Teorema Pythagoras – Teorema pythagoras merupakan hubungan mendasar di dalam geometri euclidean antara tiga sisi segitiga siku-siku. Hal tersebut menyatakan apabila luas kotak dengan sisinya ialah sisi miring sama dengan jumlah pada aera kotak di dua sisi lainnya.

Mata pelajaran teorema pytha goras merupakan salah satu materi dari pelajaran matematika. Oleh karena itu, materi ini tidak jarang keluar pada beberapa Soal PTS Matematika Kelas 8. Nah, untuk kalian yang sekiranya masih merasa bingung dengan materi teorema pythagoras.

Maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu pembahasan tentang contoh soal pythagoras yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan secara lengkap bersama dengan beberapa pembahasan lainnya seperti rumus pythagoras, dll.

Advertisements

Sehingga kalian tidak hanya akan mengetahui bagaimana contoh soal materinya saja, melainkan juga kalian dapat mengetahui bagaimana penyelesaiannya secara lengkap. Karena kalian mengetahui hal lainnya yang berhubungan dengan teorema pythagoras.

Rumus Teorema Pythagoras

Tidak berbeda jauh dengan beberapa materi matematika lainnya, teorema pythagoras juga memiliki rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal tersebut. Teorema pythagoras dapat dituliskan sebagai persamaan yang menghubungkan panjang pada sisi a, b dan c.

Rumus Teorema Pythagoras = a2 + b2 = c2

Keterangan:

  • C (Sisi miring segitiga)
  • A (Tinggi segitiga)
  • B (Alas segitiga)

Rumus pythagoras diatas digunakan untuk mencari sisi miring segitiga, sedangkan untuk mencari tinggi dan alas segitiga bisa menggunakan rumus sebagai berikut.

  • Rumus mencari alas = c2 – a2 = b2
  • Rumus mencari tinggi = c2 – b2 = a2

Pembuktian Teorema Pythagoras

Pembuktian Contoh Soal Teorema Pythagoras

Pada gambar diatas terlihat dua kotak besar dengan masing-masing kotak berisikan empat buah segitiga identik dan satu-satunya perbedaan diantara dua kotak besar tersebut ialah bahwa segitiga diatur dengan cara berbeda. Oleh karena itu, dua kotak putih besar pada masing-masing kotak memiliki luas sama.

Bukti tersebut diberikan oleh Heath pada komentarnya mengenai Proposisi I.47 pada Elemen Euclid serta menyebutkan proposal Bretschneider dan Hankel apabila pythagoras mungkin telah mengetahui bukti tersebut. Heath sendiri lebih suka dengan proposal berbeda untuk bukti pythagoras.

Contoh Soal Teorema Pythagoras

Setelah kalian mengetahui beberapa hal tentang teorema pythagoras, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu contoh soal teorema pythagoras. Dimana kami akan memberikan dua contoh soal, yaitu contoh soal pilihan ganda dan contoh soal essay.

Dan dari contoh soal yang kami berikan tersebut akan dilengkapi juga dengan pembahasannya, sehingga kalian tidak hanya mengetahui jawaban soal tersebut, namun juga mengetahui bagaimana cara mengerjakan contoh soal tersebut dengan benar.

Untuk kalian yang sekiranya sudah ingin mengetahui secara lengkap bagaimana contoh soal tersebut, maka kalian bisa langsung melihat beberapa contoh soal tersebut secara lengkap dibawah ini.

Contoh Soal Teorema Pythagoras Pilihan Ganda

Contoh Soal Teorema Pythagoras Essay

Akhir Kata

Untuk kalian yang sekiranya masih merasa bingung dengan soal diatas, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk download contoh soal teorema pythagoras tersebut. Sehingga kalian memiliki lebih banyak waktu untuk memahami dan mempelajari contoh soal tersebut.

Dengan ini berakhir sudah contoh soal teorema pythagoras yang sekiranya dapat Calwriterssfv.com dapat berikan untuk kalian, mudah-mudahan saja beberapa contoh soal beserta dengan pembahasan lainnya diatas bisa memberikan banyak bantuan untuk kalian.

Advertisements
Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.