Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

150 Contoh Soal Sifat Koligatif Larutan Elektrolit dan Jawaban

Contoh Soal Sifat Koligatif Larutan Elektrolit
Advertisements

Contoh Soal Sifat Koligatif Larutan Elektrolit – Kembali lagi pada kesempatan hari ini kami akan memberikan beberapa contoh soal, dimana untuk contoh soal yang akan kami berikan hari inia dalah contoh soal sifat koligatif larutan elektrolit.

Dimana materi sifat koligatif larutan elektrolit ini sendiri termasuk ke dalam salah satu mata pelajaran kimia. Oleh karena itu, materi ini juga terkadang akan muncul dalam Contoh Soal Kimia mulai dari tingkat SMP sampai SMA.

Nah, untuk kalian yang sekiranya masih merasa bingung dengan materi pelajaran sifat koligatif larutan elektrolit ini, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu beberapa contoh soal yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan.

Advertisements

Karena selain memberikan contoh soal, kami juga turut memberikan informasi lainnya yang masih berhubungan dengan materi pelajaran tersebut. Sehingga nantinya kalian dapat mengerjakan contoh soal tersebut dengan lebih mudah.

Pengertian Sifat Koligatif Larutan Elektrolit

Sifat koligatif larutan sendiri merupakan sifat larutan yang tidak bergantung dari jenis zat larutan, akan tetapi hanya bergantung dari konsentrasi partikel zat terlarutnya. Sifat koligatif larutan terbagi menjadi dua jenis, yaitu sifat koligatif larutan elektrolit dan sifat koligatif larutan nonelektrolit.

Meskipun sifat koligatif melibatkan sebuah larutan, akan tetapi sifat koligatif tidak bergantung pada interaksi antara molekul pelarut serta zat terlarut. Tetapi bergantung dari jumlah zat terlarut yang larut pada sebuah larutan tertentu.

Pada konsentrasi yang sama, sifat koligatif larutan elektrolit mempunyai nilai lebih besar dari pada sifat koligatif larutan nonelektrolit. Banyaknya partikel zat yang terlarut merupakan hasil reaksi ionisasi larutan elektrolit yang dirumuskan dalam faktor Van’t Hoff.

Rumus Sifat Koligatif Larutan Elektrolit

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, dimana ionisasi larutan elektrolit dirumuskan menggunakan faktor Van’t Hoff. Dimana perhitungan sifat koligatif larutan elektrolit akan selalu dikalikan dengan faktor Van’t Hoff. Sehingga akan ditemukan rumus sebagai berikut.

i = 1 + (n – 1) α

Keterangan:

  • i = Faktor Van’t Hoff
  • n = Jumlah koefisien kation
  • α = Derajat ionisasi

Selain rumus diatas, masih ada beberapa bentuk rumus koligatif larutan elektrolit lainnya berdasarkan dari beberapa kasus yang diantaranya adalah rumus penurunan tekanan uap jenuh, kenaikan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmotik.

Rumus Sifat Koligatif Larutan Elektrolit

Contoh Soal Sifat koligatif Laturan Elektrolit

Setelah mengetahui beberapa hal tentang sifat koligatif larutan elektrolit, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu contoh soal sifat koligatif larutan elektrolit yang pada kesempatan hari ini akan kami sajikan secara lengkap dengan jawabannya.

Sehingga kalian tidak hanya mengetahui bagaimana bentuk contoh soalnya saja, melainkan juga akan mengetahui jawaban yang telah dari setiap contoh soal yang ada. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung melihat beberapa contoh soal tersebut dibawah ini.

Akhir Kata

Apabila kalian merasa kurang dapat memahami setiap contoh soal yang telah kami berikan diatas, maka kami sarankan kepada kalian untuk download contoh soal tersebut. Supaya kalian lebih banyak memiliki waktu untuk memahami setiap contoh soal yang ada.

Dengan ini berakhir sudah informasi yang sekiranya dapat Calwriterssfv.com berikan tentang contoh soal sifat koligatif larutan elektrolit, semoga saja contoh soal yang baru kami berikan diatas dapat memberikan banyak manfaat untuk kalian semuanya.

Advertisements
Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.