Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

6 Contoh Soal Molalitas Beserta Jawabannya

Contoh Soal Molalitas
Advertisements

Contoh Soal Molalitas – Kembali lagi pada kesempatan ini kami ingin memberikan sebuah contoh soal, dimana contoh soal yang akan kami berikan pada kesempatan ini adalah contoh soal molalitas beserta jawabannya.

Molalitas sendiri termasuk dalam pelajaran IPA, lebih tepatnya ada pada mata pelajaran kimia. Oleh karena itu, soal molalitas sering muncul pada Soal PTS IPA Kelas 9. Karena memang materi ini termasuk ke dalam mata pelajaran tersebut.

Nah, untuk kalian yang sekiranya masih merasa belum cukup memahami mengenai materi molalitas? Alangkah baiknya jika kalian lihat terlebih dahulu beberapa contoh soal yang pada kesempatan ini akan kami berikan.

Advertisements

Namun selain memberikan contoh soal, kami juga turut memberikan beberapa informasi tambahan seperti pengertian dan rumus molalitas secara lengkap. Sehingga nantinya kalian dapat mengerjakan contoh soal tersebut dengan lebih mudah.

Pengertian Molalitas

Pengertian molalitas adalah sebuah ukuran konsentrasi dari sebuah zat larut di dalam sebuah larutan dalam hal jumlah zat dan massa tertentu dari sebuah pelarut. Hal tersebut berbeda dengan pengertian molaritas yang didasarkan oleh volume tertentu larutan.

Molalitas sering disebut juga dengan konsentrasi molal, dengan satuan yang digunakan untuk molalitas pada ilmu kimia adalah mol/kg. Satu larutan dengan konsentrasi 1 mol/kg dapat juga dinyatakan atau disebut dengan 1 molal.

Rumus Soal Molalitas

Molalitas (b) dari sebuah larutan dapat diartikan sebagai jumlah zat (dalam nol) terlarut (nterlarut) dan dibagi dengan massa (kg) pelarut (mpelarut). Sehingga akan memiliki bentuk sebagai berikut b = nterlarut / mpelarut.

Namun ada bentuk lagi dari rumus molalitas, dimana bentuk rumus molalitas tersebut adalah sebagai berikut

m = n/p

Keterangan:

  • m = molalitas (mol/kg)
  • n = jumlah mol zat (mol)
  • p = massa pelarut (kg)

Namun selain rumus diatas, masih ada bentuk rumus lainnya dari molalitas. Dimana bentuk lain rumus molalitas itu sendiri adalah sebagai berikut.

m = g/Mr x 1000/P

Keterangan:

  • m = molalitas (mol/kg)
  • g = massa zat terlarut (g)
  • Mr = massa relatif zat terlarut (g/mol)
  • P = massa pelarut (g)

Contoh Soal Molalitas

Setelah mengetahui beberapa hal tentang molalitas, baik itu pengertian atau rumusnya. Maka saatnya untuk kembali ke pokok pembahasan yaitu contoh soal molalitas. Dimana pada contoh soal tersebut akan kami berikan beserta jawabannya.

Sehingga kalian tidak hanya mengetahui bagaimana bentuk contoh soal yang diberikan, melainkan juga akan mengetahui bagaimana jawaban dari soal tersebut yang benar. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa langsung melihat contoh soal molalitas tersebut dibawah ini.

1. 10 gr natrium hidroksida (NaOH) dilarutkan dengan air sebanyak 2 kg. Massa molekul relatif NaOH ialah 40. Carilah molalitas (m) dari larutan tersebut?

Jawaban:

Langah pertama ialah mencari jumlah molnya (n) dahulu menggunakan rumus berikut.

n = g/Mr
n = 10/40
n = 0,25 mol

Setelah itu baru mencari nilai molalitas (m) menggunakan rumus sebagai berikut.

m = n/P
m = 0,25/2
m = 0,125

2. Air sebanyak 500 gram ditambahkan 17,1 gram larutan gula (Mr = 342). Maka tentukan nilai molaritas pada larutan tersebut?

Diketahui:

g = 17,1 gram
Mr = 342
P = 500 gram

Jawaban:

m = g/Mr x 1000/P
m = 17,1/342 x 1000/500
m = 0,1 mol

Download Soal Molalitas

Akhir Kata

Untuk kalian yang sekiranya merasa masih belum cukup memahami contoh soal yang baru kami berikan, maka ada baiknya jika kalian download contoh soal tersebut. Supaya kalian lebih banyak memiliki waktu untuk memahami contoh soal tersebut.

Dengan ini berakhir sudah untuk contoh soal molalitas dari Calwriterssfv.com, semoga saja beberapa contoh soal yang baru kami berikan hari ini dapat memberikan tambahan pengetahuan seputar pelajaran IPA kalian semuanya.

Advertisements
Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *