Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah

2 min read

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah – Sewa-menyewa rumah dalam kehidupan bermasyarakat, nampaknya bukan hal yang baru. Meskipun begitu, kita perlu memperhatikan prosedur untuk menghasilkan nilai legalitas dalam kesepakatannya, untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas contoh surat perjanjian kontrak rumah.

Menyertakan surat perjanjian dalam mengontrak sebuah bangunan seringkali di abaikan di kalangan masyarakat, kebanyakan seseorang melakukan kesepakatan hanya secar lisan. Tidak ada salahnya kita berjaga-jaga dengan kesepakatan hitam di atas putih sebagai pertanyaan yang legal.

Dari segi hukum peraturan kontrak rumahini telah di atur dalam undang-undang pada pasal 1548 KUHper dan Pasal 165 HIT, yang memuat tentang hak-hak pihak yang di sewa dan si penyewa. Untuk mengantisipasi jika ada sengketa di kemudian hari, maka surat perjanjian kontrak rumah di nilai begitu penting.

Selain untuk mengantisipasi jika terjadi sengketa, surat ini juga menjadi bukti otentik secara hukum. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Surat Perjanjian Kontrak Rumah untuk anda yang mungkin sedang mencari informasi tersebut.

Apa Itu Surat Perjanjian Kontrak Rumah ?

Adanya perjanjian hitam di atas putih dalam sebuah kesepakatan sewa-menyewa rumah menjadi hal yang begitu penting, namun seringkali di abaikan oleh pihak di dalamnya. Perlu untuk di ketahui, surat perjanjian kontrak rumah adalah dokumen tertulis yang menjadi bukti dalam kesepakatan kontrak rumah, bermanfaat penting untuk mengantisipasi jika ada sengketa ataupun kesalah pahaman di masa mendatang.

Fungsi Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Secara umum adanya surat perjanjian kontrak rumah dalam kegiatan sewa-menyewa rumah adalah untuk menjaga kesepakatan awal antara pihak yang terlibat di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga antara pihak penyewa dan yang menyewa tidak melanggar aturan yang menjadi kesepakatan tertulis di dalam surat tersebut, kerana surat ini juga memiliki ketentuan hukum.

Bagian Penting Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Tidak semua surat perjanjian kontrak rumah memiliki sifat yang resmi, namun agar surat tersebut memiliki kekuatan hukum seperti halnya SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN, berikut ini bagian-bagian yang menjadi syarat dari surat perjanjian kontrak rumah.

  • Adanya kesepakatan antara pihak penyewa dan pemberi sewa
  • Kesepakatan untuk membuat suatu ikatan perjanjian kontrak
  • Pokok persoalan dan alasan di buatnya surat perjanjian
  • Suatu sebab yang tidak terlarang

Cara Membuat Surat Perjanjian Kontrak Rumah

  • Identitas Pihak Penyewa dan Pihak yang Menyewa

Dalam kesepakatan perjanjian kontrak rumah tentu saja identitas lengkap antara kedua belah pihak harus tertera dalamsurat perjanjian kontrak rumah, di mulai dari nama lengkap, alamat, pekerjaan hingga nomor KTP.

  • Isi Surat

Isi surat perjanjan kontrak rumah, menjadi bagian terpenting. Pastikan tanggal di mulainya dan berkhirnya kontrak tertulis secara jelas dalam isi. Selai itu, kesepakat tentang biaya kontrak yang bisa kedua belah sepakati tentang biaya yang akan di bayarkan, entah itu pembayaran yang akan di bayarkan perbulan ataupun juga pertahun tertulis di dalamnya.

  • Lain-lain

Dalam pembuatan surat perjanjian kontrak rumah anda juga perlu memperhatikan tentang kesepakatan dalam pembayaran tagihan listrik, tagihan telepon, air untuk tercantum dalam surat tersebut

  • Tanda Tangan, Materai dan Lampiran

Setelah menemui kesepakatan secara tertulis, pastikan surat perjanjian di buat dengan 2 lampiran untuk di pegang kedua belah pihak, selanjutnya sertakan materai dan tanda tangan untuk pengesahannya. Untuk memastikan kegiatan perjanjian kontrak di akui sertakan minimal 2 saksi yang juga ikut bertanda tangan di surat tersebut.

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah

1. Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Dalam kegiatan sewa menyewa rumah, tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu menyiapkan surat perjanjian kontrak cukup penting. Dari sisi kesepakatan ada baiknya di tentukan terlebih dahulu sebelum di tuangkan secara tertulis dalam surat perjanjian, hal ini karena sewa menyewa masuk dalam kategori hukum perdata, hanya tidak di perbolehkan melanggar hukum.

Surat Perjanjian Kontrak Rumah

2. Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah DOC

Jangan lupa menyertakan materai dalam surat perjanjian, hal ini bertujuan surat tersebut berkekuatan hukum. Salah satu contoh surat perjanjian kontrak rumah di bawah ini berformat DOC, unttuk anda yang ingin membuat surat perjanjian tersebut silahkan download link di bawah ini.

Surat Perjanjian Kontrak Format DOC

Download Surat Perjanjian Kontrak Rumah Format DOC

3. Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah PDF

Antisipasi sempurna dalam bentuk surat perjanjian begitu penting, jika suatu saat ada pihak penyangkal. Di sini surat tersebut untuk membuktikan kesahannya secara hukum, di bawah ini contoh surat perjanjian Kontrak Rumah format PDF.

Surat Perjanjian Kontrak Rumah Format PDF

Dowonload Surat Perjanjian Kontrak Rumah PDF

Kesimpulan

Dari susunan cara membuat surat perjanjian kontrak rumah di atas, bisa dapat kita simpulkan. Keberadaannya pada proses transaksi sewa-menyewa rumah hanya untuk melindungi pihak-pihak yang terlibat secara hukum yang sifatnya perdata, dan juga sebagai alat bukti kuat jika terjadi sengketa.

Untuk anda yang mungkin akan menyewa sebuah rumah, ada baiknya anda membuat kesepakatan tertulis sepertihalnya contoh surat perjanjian kontrak rumah yang kami rangkum di atas. Semoga rangkuman yang calwriterssfv.com buat dapat menjadi sumber referensi untuk anda, jika ada kritik dan saran silahkan komentar di kolom komentar yang telah di sediakan.

Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *