Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Contoh Surat Wasiat

Contoh Surat Wasiat

Contoh Surat Wasiat – Pada kesempatan kali ini calwriterssfv.com akan memuat artikel tentang bagai mana membuat surat wasiat. Meninggalkan harta benda di karenakan meninggal sering kali menyebabkan konflik dalam keluarga dan membuat harta yang di tinggalkan di perebutkan oleh para ahli waris.

Meskipun surat wasiat pada umumnya di tujukan pada anggota keluarga namun surat dalam kategori surat resmi yang tidak dapat di sangkal siapapun. Pembuatan surat wasiat harus di dampingi notaris sebagai penguat keaslian surat dan juga terhindar dari kecurangan dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Surat wasiat di anjurkan menggunakan tata cara penulisan yang jelas dan mudah di mengerti oleh ahli waris. Sementara itu dari mata hukum, surat yang di tulis seseorang yang memberi wasiat hari harus memenuhi syarat dan sesuai prosedur hukum agama serta hukum negara dengan melibatkan penyalur hukum bernama notaris.

Ketentuan yang berisi hak-hak yang akan di terima ahli waris, ada baiknya bersifat rahasia sebelum di sahkan menggunakan hukum perdata, agar tidak di sangkal oleh pihak-pihak yang tidak tercantum dalam ahli waris, berikut ini ulasan lengkap mengenai contoh surat wasiat yanhg kami rangkum di bawah ini.

Contoh Surat Wasiat

Surat Wasiat

Apa Itu Surat Wasiat?

Surat wasaiat adalah sebuah media tertulis berkekuatan hukum yang berisi tentang perpindahan harta ataupun berupa aset dan kewajiban yang harus di laksanakan oleh pihak penerima waris. Biasanya surat ini akan di berikan kepada para ahli waris setelah pemberi wasiat meninggal dan meninggalkan hartanya.

Jenis Surat Wasiat

Peraturan Undang-undang hukum perdata yang memuat tentang wasiat telah tertulis dalam pasal 930-953, di dalam pasal tersebut mengatur tentang pembuatan surat wasiat yang tidak boleh ada tekanan dari pihak manapun. Di Indonesia sendiri surat wasiat di bedakan menjadi tiga jenis yakni.

  • Wasiat Umum

Wasiat Umum adalah surat wasiat yang di buat melalui notaris, artinya pemeberi wasiat tidak menulis sendiri, cukup dengan mengatakan keinginan memberi wasiat yang kemudian akan di tulis oleh pihak notaris.

  • Wasiat Olografis

Selanjutnya surat wasiat olografis, surat ini adalah surat yang di buat pewaris untuk selanjutnya di serahkan notaris, untuk selanjutnya di simpan sesuai dengan ketentuan dan prosedur notaris, surat wasiat tersebut bisa diserahkan dalam keadaan terbuka, artinya notaris di perbolehkan tau isi surat.

  • Wasiat Rahasia

Surat Wasiat Rahasia adalah surat yang di buat oleh pembuat wasiat di lengkapi dengan penandatanganan, surat tersebut kemudian akan di serahkan pada notaris dalam keadaan tersegel dan di saksikan kurang lebih empat orang yang bertindak sebagai saksi.

Fungsi Surat Wasiat

Fungsi utama dari surat wasiat memang untuk mengantisipasi terjadinya sengketa atau perebutan di antara anak ataupun keluarga yang di tinggalkan. Untuk itu hak-hak para penerima akan di tulis dalam surat dan tidak bisa di sangkal, karena memiliki ketentuan hukum perdata dan juga hukum agama.

Syarat Membuat Surat Wasiat

Adapaun beberapa ketentuan seseorang dalam membuat contoh surat wasiat harus sesuai dengan prosedur dan juga ketentuan. Berikut ini adalah syarat untuk membuat surat wasiat.

  • Surat Wasiat di Buat Oleh Seseorang Yang Sudah Cukup Umur

Ketentuan seseorang dalam membuat surat wasiat tentu saja orang dewasa dan telah memiliki keturunan, jika sesorang tidak mempunyai keturunan ataupun belum menikahpun dapat membuat surat wasiat dengan catatan telah memasuki batas usia yang cukup. Batas usia yang di perbolehkan seseorang dalam membuat surat wasiat minimal usia 21 tahun.

  • Pemeberi Wasiat Berakal Sehat

Pengertian seseorang yang akan membuat surat wasiat adalah orang yang memiliki akal sehat, maksudnya adalah orang tersebut dalam keadaan sadar untuk membuat surat dengan ketentuan penulisan keputusan surat atas dasar keinginannya sendiri tanpa adanya paksaan dari pihak lain.

  • Bentuk Objek yang Akan di Wariskan Jelas dan Tegas

Dalam penulisan surat wasiat harus tercatat jelas objek apa yang akan di wariskan, serta pemidahan hak objek yang akan di wariskan jelas tertulis untuk siapa. Penulisan sesuatu yang di wasiatkan dalam bentuk harta benda harus di tuliskan secara rinci dan detail dalam isi surat.

Tidak hanya itu, keikut sertaan hukum juga harus di libatkan dalam pemindahan hak pemberi wasiat kepada seseorang penerima wasiat, hal ini begitu penting untuk, pasalnya untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan sesorang yang tidak bertanggung jawab, yang di mungkinkan orang yang tidak tercatat dalam penerima wasiat.

  • Mengenal Pihak-pihak yang di Tunjuk Sebagai Saksi

Saat seseorang membuat sebuah surat wasiat, pihak yang terlibat harus di seseorang yang amanah, dan tentu saja seseorang tersebut adalah orang yang di percaya oleh pemberi wasiat. Pihak yang terlibat dalam memebuat surat wasiat di antaranya notaris, dan sejumlah saksi yang nantinya memberi bukti berupa tanda tangan dalam suarat wasiat.

  • Penunjukan Tentang Hak Pencabutan Wasiat

Sebagai antisipasi lanjut perihal tentang surat wasiat yakni penunjukan hak mencabut keputusan, dengan catatan pencabut hak wasiat benar-benar mengerti tentang persoalan pencabutan wasiat dan sesuai prosedur dan ketentuan. Selain itu pemeberi waswiat juga dapat mencabut wasiat atau merubah isi wasiat saat masih hidup.

  • Memahami Tentang Hukum dan Undang-Undang

Legalitas surat wasiat memang harus di perkuat dengan hukum negara yang terbalut dalam peraturan perundang, bukan hanya tentang hukum negara, namun juga mempertimbangkan hukum agama yang di anut oleh pemberi wasiat. Mayoritas masyarakat Indonesia hanya mebalut tentang wasiat dengan hukum agama, namun surat wasiat yang sifatnya penting juga perlu di balut dengan hukum negara yang bisa di serahkan pada notaris.

  • Mengerti Hal Pembagian Harta dan Amanat Wasiat

Perihal penting dalam membuat isi surat wasiat, harus tertulis secara detail dan berisi penjelasan tentang apa yang akan di wasiatkan, tidak hanya itu isi surat wasiat juga menjelaskan tentang amanat bagi penerima wasiat ataupun ahli waris tentang perihal ataupun objek benda yang di wasiatkan.

Ketentuan amanat dalam isi surat wasiat juga tidak di perkenankan membebani penerima wasiat. Sementara itu pemberi wasiat juga tidak boleh membagi harta dengan tidak adil kepaada satu pihak saja, yang kemudian hari berpotensi terjadinya konflik oleh para penerima wasiat.

Cara Membuat Surat Wasiat

Memberikan wasiat terkait harta benda memang memerlukan pemahaman yang khusus buat anda yang akan menulis surat wasiat, pasalnya dalam surat tersebut mencangkup berbagai aspek penting dan juga nilai obejek wasiat yang tidak sedikit, berikut tata cara membuat contoh surat wasiat.

1. Menyerahkan Surat Wasiat Kepada Pihak Notaris

Untuk menjaga aset ataupun objek yang akan di wariskan anda perlu melibatkan notaris setelah membuat surat wasiat. Hal tersebut agaknya penting di lakukan sebagai langkah mengantisipasi ancaman dari pihak yang tidak betanggung jawab. Sementara dari segi hukum negara kemaman surat wasiat juga aman di tangan notaris.

2. Tidak Menunjukan Isi Wasiat Kepada Notaris

Dalam menyerahkan surat wasiat, pemberi wasiat tidak perlu menerangkan isi surat wasiat jika memang sifatnya di nilai rahasia. Di sisi lain notaris juga tidak berhak menanyakan isi dari surat wasiat tersebut, notaris hanya bertugas membuatkan akta penyimpanan saja sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.

Contoh Surat Wasiat

1. Contoh Surat Wasiat Tanah

Membuat surat wasiat memang begitu penting, pasalnya nilai objek yang tertera dalam surat memang berjumlah cukup banyak, pembuatan surat wasiat juga di nilai menjadi langkah yang tepat untuk sebagian orang demi melindungi aset yang akan di serahkan kepada anggota keluarga nantinya, berikut contoh surat wasiat berupa tanah.

Surat Warisan Tanah

2. Contoh Surat Wasiat Bangunan

Saat sesorang meninggal dunia, maka objek kekayaan yang di milikinya kemungkinan besar akan di wariskan kepada keturunannya ataupun anggota keluarga yang lain.Surat wasiat berikut ini adalah salah satu contoh surat wasiat dengan objek bangunan, seperti halnya rumah ataupun ruko.

Surat Wasiat Bangunan

3. Contoh Surat Wasiat Format Doc

Menyerahan objek wasiat tidak selalu dalam bentuk tanah ataupun banguan, bisa juga bisa dalam bentuk tabungan ataupun kendaraan. Berikut ini adalah contoh surat wasiat yang mungkin menjadi salah satu referensi untuk anda dalam membuat surat wasiat.

Contoh Surat Wasiat Format DOC

Download Contoh Surat Wasiat Format Doc

Kesimpulan

Harta benda yang tinggalkan seseorang karena meninggal dunia, seringkali menimbulkan perdebatan atau memunculkan perselisihan di antara ahli waris. Untuk itu para pemberi wasiat perlu membuat surat wasiat untuk menghindari hal tersebut, selain itu juga adanya surat wasiat bermanfaat untuk melindungi aset agar tidak jatuh kepada orang yang tidak berhak menerima.

Testamen adalah istilah lain dari surat wasiat, terkadang menjadi problematika ketika si pembuat wasiat tidak adil dalam membagi objek yang akan di wasiatkan. Untuk itu perlu pertimbangan yang matang untuk mengantisipasi terjadinya konflik di masa mendatang, demikian yang dapat kami sampaikan tentang contoh surat wasiat, semoga bermanfaat untuk anda.

Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *