10 Contoh Soal Indeks Harga & Jawaban 2022

Contoh Soal Indeks Harga
Advertisements

Contoh Soal Indeks Harga – Bagi kalian yang merupakan siswa SMA kelas 11, nantinya akan mendapatkan mata pelajaran Ekonomi. Salah satu materi yang akan kalian pelajari di Mapel ini yaitu mengenai Indeks Harga. Dimana Indeks Harga sering digunakan ketika keadaan ekonomi suatu negara mengalami perubahan dengan skala yang cukup besar.

Seperti sudah kalian ketahui, bahwa harga sebuah barang tidak berada dalam kondisi konstan, namun cenderung berubah-ubah setiap waktunya. Sehingga perlu dilakukan adanya perhitungan harga umum atau yang disebut dengan indeks harga. Namun seperti apa contoh soal indeks harga?

Perhitungan indeks harga bisa dilakukan dengan 2 kategori metode, yakni tertimbang dan tak tertimbang. Contoh soal indeks harga bisa kalian dapatkan melalui artikel ini. Sehingga contoh persoalan yang akan Calwriterssfv.com sajikan berikut ini bisa menjadi bahan belajar kalian mengenai materi indeks harga.

Advertisements

Nah pada artikel kali ini, Calwriterssfv.com akan menyajikan rangkuman mengenai contoh soal indeks harga. Namun sebelum masuk ke contoh pertanyaan, silahkan simak rangkuman mengenai cara menghitung indeks harga tertimbang dan tak tertimbang berikut ini.

Metode Hitung Indeks Harga Tertimbang

Ada 3 metode hitung indeks harga tertimbang yang perlu kalian ketahui. Diantaranya yaitu Indek Harga Laspeyres, Indeks Harga Peasche dan Indeks Harga Marshall. Penjelasan mengenai metode indeks harga harga tertimbang adalah sebagai berikut:

Indek Harga Laspeyres (IHL)

Cara mengerjakan soal indeks harga yang pertama yaitu menggunakan metode Laspeyres. Dimana perhitungan tersebut menitik beratkan kepada perubahan harga serta mengabaikan perubahan jumlah barang pada tahun tersebut. Kalian bisa menggunakan rumus Indek Harga Laspeyres berikut ini:

Indek Harga Laspeyres IHL

Indeks Harga Peasche (IHP)

Cara menghitung soal indeks harga yang kedua yaitu menggunakan metode Peasche. Dimana perhitungan IHP itu sendiri menggunakan jumlah barang di akhir tahun sebagai dasar perhitungan. Sedangkan jumlah barang di awal tahun diabaikan. Kalian bisa menggunakan rumus Indek Harga Peasche berikut ini:

Indeks Harga Peasche IHP

Indeks Harga Marshall (IHM)

Cara hitung soal indeks harga ketiga yakni dengan menggunakan metode Marshall. Dimana perhitungan IHM menggunakan semua data. Baik dari jumlah serta harga barang di awal dan akhir tahun. Kalian bisa menggunakan rumus Indek Harga Marshall berikut ini:

Indeks Harga Marshall IHM
Advertisements

Metode Hitung Indeks Harga Tak Tertimbang

Ada 2 metode hitung indeks harga tak tertimbang yang perlu kalian ketahui. Yaitu mengenai indeks harga Agregatif Sederhana dan indeks harga Rerataan Relatif. Penjelasan mengenai metode indeks harga harga tak tertimbang adalah sebagai berikut:

Indeks Harga Agregatif Sederhana (IHAS)

Agregatif Sederhana adalah cara hitung indeks harga dengan membandingkan total harga akhir dengan total harga awal. Dimana untuk indeks harga Agregatif Sederhana bisa menggunakan persamaan berikut ini:

Indeks Harga Agregatif Sederhana IHAS

Indeks Harga Rerataan Relatif (IHRR)

Cara menghitung Indeks Harga Rerataan Relatif (IHRR) akan menghasilkan indeks rata-rata relatif dari sekelompok barang. Dimana untuk Indeks Harga Rerataan Relatif (IHRR) bisa menggunakan persamaan berikut ini:

Rumus IHRR

Nah setelah ketahui beberapa rangkuman materi mengenai pengindeksan harga, sekarang seperti apa contoh soal tersebut? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Contoh Soal Indeks Harga

Pada artikel ini, Calwriterssfv.com akan merangkum beberapa contoh soal mengenai pengindeksan harga beserta kunci jawaban dan pembahasan nya dalam bentuk file PDF. Sehingga nantinya kalian bisa download file contoh persoalan indeks harga. Contoh pertanyaan mengenai indeks harga diantaranya sebagai berikut:

Buat kalian yang ingin mengetahui beberapa contoh soal lainnya, silahkan kunjungi Kategori Contoh Soal dari Calwriterssfv.com.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai contoh soal indeks harga seperti IHL, IHP, IHM, IHAS dan IHRR. Bagi kalian yang ingin mempelajari contoh soal di atas secara berulang-ulang, silahkan lakukan download file PDF contoh soal pengindeksan harga di atas.

Sekian artikel kali ini tentang contoh pertanyaan indeks harga. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi Calwriterssfv.com dan semoga artikel di atas tentang contoh persoalan indeks harga bisa bermanfaat buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim Calwriterssfv.com

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.