Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

10 Contoh Soal Gelombang Stasioner dan Pembahasannya

Contoh Soal Gelombang Stasioner
Advertisements

Contoh Soal Gelombang Stasioner – Kembali lagi pada kesempatan hari ini kami ingin memberikan pembahasan mengenai contoh soal, dimana untuk contoh soal yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini adalah contoh soal gelombang stasioner.

Setelah sebelumnya juga kami memberikan pembahasan mengenai contoh soal gaya lorentz yang merupakan salah satu materi pada mata pelajaran fisika. Dan gelombang stasioner ini sendiri juga termasuk ke dalam salah satu materi pelajaran fisika, sehingga jangan heran apabila gelombang stasioner akan muncul di beberapa soal fisika.

Apabila masih ada diantara kalian yang sekiranya merasa kurang dapat memahami materi pelajaran gelombang stasioner, maka kami sarankan kepada kalian untuk melihat terlebih dahulu pembahasan yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan.

Advertisements

Karena untuk pembahasan yang akan kami berikan hari ini tidak hanya tentang contoh soal saja, melainkan juga ada pembahasan lainnya yang masih berhubungan dengan materi pelajaran tersebut. Sehingga kalian tidak hanya mengetahui contoh soalnya saja.

Pengertian Gelombang Stasioner

Gelombang stasioner adalah gelombang yang bergetar seiring waktu, akan tetapi letak amplitudonya tidak bergerak melalui ruang. Dalam ilmu fisika, gelombang stasioner disebut juga dengan gelombang tegak atau gelombang berdiri, karena melihat bentuk gelombang yang dihasilkan.

Amplitudo puncak pada getaran gelombang di titik manapun dalam ruang memiliki sifat konstan (tetap) terhadap waktu, sedangkan untuk titik-titik lainnya bergetar sesuai dengan fase. Untuk lokasi nilai titik mutlak dari amplitudo disebut dengan simpul, sedangkan untuk lokasi dimana nilai mutlak dari amplitudo maksimum disebut perut.

Gelombang stasioner sendiri pertama kali diamati oleh Michael Faraday, pada tahun 1831. Michael mengamati gelombang stasioner pada permukaan cairan dalam bejana yang bergetar. Franz Melde menciptakan sebuah istilah gelombang tegak pada tahun 1860 dan mendemonstrasikan hal tersebut dalam eksperimen klasiknya.

Rumus Gelombang Stasioner

Setelah mengetahui pengertian gelombang stasioner, maka hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah rumus gelombang stasioner. Dimana rumus gelombang stasioner ini yang nantinya digunakan untuk mengerjakan setiap contoh soal yang ada.

Dengan bentuk rumus gelombang stasioner itu sendiri adalah sebagai berikut:

y = 2A sin kx cos ωt
y = Ap sin cos ωt

Dengan amplitudo stasionernya adalah 2A sin kx

Keterangan:

  • Ap = Amplitudo gelombang stasioner (m)
  • k = Bilangan gelombang
  • λ = Panjang gelombang

Contoh Soal Gelombang Stasioner

Apabila kalian merasa bingung untuk cara menggunakan rumus gelombang stasioner, maka ada baiknya jika kalian melihat beberapa contoh soal yang akan kami berikan secara lengkap beserta pembahasannya. Sehingga kalian juga akan mengetahui bagaimana kunci jawaban tersebut dapat ditemukan.

Contoh Soal Gelombang Stasioner (1)

Sebuah ujung tali pajangnya 1 meter, kemudian digetarkan sehingga dalam waktu 2 detik terdapat 2 gelombang. Tentukan persamaan gelombang tersebut, apabila amplituro getaran pada ujung tali adalah 20 cm.

Diketahui:

l = 4λ →λ = ¼ = 0,25 m
t = 4λ → T = 2/4 = 0,5 s

Ditanya: y = ….?

Jawaban

Y = A sin (ωt­kx)
= 0,2 sin [(2π/0,5)t­(2π/0,25)x]
= 0,2 sin (4πt­8πx)
=0,2 sin 4π (t­x)

Contoh Soal Gelombang Stasioner (2)

Sebuah gelombang terdapat pada permukaan air dihasilkan karena getaran dengan frekuensi 30 Hz, apabila jarak puncak dan lembah gelombang yang berturutan sebesar 50 cm. Maka hitunglah cepat rambat gelombang tersebut.

Diketahui:

f = 30 Hz
½ λ = 50 cm
λ = 100 cm = 1 m

Ditanya: v = ..?

Jawaban

v = λ.f = 1.30 = 30 m/s

Akhir Kata

Apabila kalian merasa masih belum dapat cukup memahami setiap contoh soal yang telah kami berikan diatas, maka kami sarankan kepada kalian untuk download contoh soal PDF tersebut. Sehingga kalian memiliki banyak waktu untuk memahami setiap contoh soal yang ada.

Dengan ini berakhir sudah untuk pembahasan contoh soal gelombang stasioner yang sekiranya dapat Calwriterssfv.com berikan pada kesempatan sekarang ini, mudah-mudahan saja dari pembahasan contoh soal yang kami berikan diatas tadi dapat memberikan banyak manfaat.

Advertisements
Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *