Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Pengertian Silabus : Prinsip, Jenis, Fungsi dan Komponen

Pengertian Silabus
Advertisements

Silabus – Untuk mempermudah para guru dalam memberikan materi kepada para murid biasanya dibutuhkan sebuah perangkat pembelajaran, dimana didalam perangkat pembelajaran tersebut terdiri dari Silabus, RPP dan beberapa komponen lainnya.

Selain mempermudah dalam pengajaran, memiliki perangkat pembelajaran juga dapat mengetahui bagaimana hasil dari pembelajaran tersebut. Apakah pembelajaran yang diberikan sudah sesuai dengan perangkat pembelajaran atau belum.

Dan pada kesempatan hari ini, kami ingin memberikan penjelasan tentang pengertian silabus. Barang kali saja masih ada yang belum mengetahui pengertiannya, maka dari itu kami ingin membantu anda dengan memberikan penjelasan tentang hal tersebut.

Advertisements

Namun selain membahas pengertian, kami juga turut membahas hal lainnya seperti, fungsi, prinsip, komponen dan contoh. Jadi dapat mengetahui keseluruhan tentang silabus secara langkap. Apabila anda sudah ingin mengetahui secara lengkap, maka bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Pengertian Silabus

Berdasarkan kalimat, dapat diartikan “garis besar, pokok isi, ringkasan” materi pelajaran. Namun pengertian silabus adalah sebuah rincian detail mengenai rencana pembelajaran guru yang disusun dalam mata pelajaran tertentu.

Kata tersebut juga digunakan untuk menyebutkan sebuah produk pengembangan kurikulum berupa penjelasan lebih lanjut mengenai kemampuan dasar, kompetensi yang ingin dicapai dan beberapa materi pelajaran yang perlu diketahui oleh para siswa.

Fungsi Silabus

  • Digunakan sebagai bahan acuan dalam membuat RPP (Rencana Pelaksaan Pembelajaran).
  • Mempermudah untuk memetakan ragam variasi pembelajaran yang ingin dibuat dalam RPP.
  • Mempermudah dalam menentukan indikator pencapaian belajar yang perlu dicapai para siswa.
  • Mempermudah dalam merancang bentuk penilaian dari setiap indikator yang telah dibuat.
  • Mempermudah dalam hal merumuskan pembelajaran.

Prinsip Pengembangan Silabus

Silabus biasanya diserahkan kepada setiap satuan pendidikan, terutama bagi mereka yang sudah mampu untuk melakukannya. Oleh sebab itu, setiap satuan pendidikan memiliki keleluasaan serta kebebasan untuk mengembangkan hal tersebut berdasarkan dengan kondisi serta kebutuhan.

Agar pengembangan tersebut tetap dalam satu bingkai pengembangan kurikulum nasional, maka diperlukan adanya prinsip pengembangan yang nantinya digunakan sebagai patokan dalam melakukan pengembangan. Adapun beberapa prinsip pengembangan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ilmiah

Seluruh materi serta kegiatan yang diberikan harus benar, logis serta bisa dipertanggung jawabkan secara keilmuan.

2. Relevan

Tingkat kesulitan, cakupan, kedalaman serta urutan penyajian harus sesuai serta berkaitan dengan tingkat perkembangan intelektual, fisik, sosial, spiritual dan emosional para siswa.

3. Sistematis

setiap komponen harus saling berhubungan secara fungsional untuk mencapai kompetensi.

4. Konsisten

Hubungan antara materi pokok, indikator, kompetensi dasar, pengalaman belajar, sistem penilaian dan sumber belajar harus konsisten.

5. Memadai

Materi pokok, indikator, sistem penilaian, sumber belajar dan pengalaman belajar harus menunjang dalam pencapaian kompetensi dasar.

6. Fleksibel

Seluruh komponen harus mengakomodasi keragaman pendidik, peserta didik dan dinamika dalam perubahan di sekolah serta tuntutan masyarakat.

7. Menyeluruh

Komponen harus mencakup seluruh ranah kompetensi (psikomotor, afektif, kognitif).

Komponen Silabus

Silabus sendiri terdiri dari beberapa komponen, dimana setiap komponen tersebut harus ada karena memang setiap komponen tersebut sudah memiliki fungsi masing-masing yang nantinya akan menudukng pembelajaran.

Adapun beberapa komponen itu sendiri diantaranya adalah

  1. Kompetensi Inti (KI) / Standar Kompetensi (SK)
  2. Kompetensi Dasar (KD)
  3. Indikator Pencapaian Kompetensi
  4. Materi Pembelajaran
  5. Alokasi waktu
  6. Penilaian
  7. Sumber Pembelajaran

Download Contoh Silabus

Apabila anda ingin mengetahui bagaimana bentuk jelasnya, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat contoh SILABUS FIQIH SMP yang beberapa waktu lalu telah kami berikan. Atau bisa juga anda melihat contoh tersebut dibawah ini.

Akhir Kata

Itu dia penjelasan tentang silabus yang sekiranya dapat Calwriterssfv.com berikan untuk anda pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa menambah pengetahuan anda-anda sekalian semua.

Advertisements
Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *