7 Model Pembelajaran Inovatif: Pengertian, Contoh & Manfaat

Model Pembelajaran Inovatif
Advertisements

Model Pembelajaran Inovatif – Untuk mengikuti perkembangan zaman, sektor dunia pendidikan tentunya juga harus mengikuti metode pembelajaran yang cocok bagi para siswa. Dimana sekarang ini para pengajar atau guru perlu adanya inovatif dalam hal belajar mengajar. Seperti adanya kelas digital, aplikasi mengajar maupun adanya model pembelajaran.

Pada model pembelajaran sebelumnya, dalam proses belajar mengajar di kelas, para murid hanya sekedar mendengarkan apa saja yang diajarkan oleh guru. Namun dengan adanya model pembelajaran inovatif, nantinya guru dan siswa bisa belajar secara menyenangkan dan interaktif.

Ada beberapa model belajar mengajar inovatif yang wajib kalian ketahui. Dimana rangkuman mengenai model pembelajaran inovatif bisa kalian dapatkan informasinya melalui artikel ini. Sehingga nantinya bisa diterapkan kalian sebagai murid maupun guru ketika sedang melakukan proses belajar mengajar di kelas.

Advertisements

Nah pada artikel kali ini, admin Calwriterssfv.com akan menyajikan rangkuman mengenai model pembelajaran inovatif beserta contoh dan manfaatnya. Untuk menuju ke pembahasan model pembelajaran terbaru, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Model Pembelajaran Inovatif?

Yang dimaksud dengan model pembelajaran inovatif adalah sebuah proses menciptakan lingkungan dimana murid dapat belajar hal baru secara teratur dan dapat berpikir kritis untuk bertanya mengenai hal yang diajarkan. Selain itu, pembelajaran inovatif juga bertujuan agar siswa bisa menemukan ide baru dari pikirannya sendiri setelah mempelajari sesuatu.

Menerapkan pembelajaran inovatif tentunya akan mendatangkan banyak sekali manfaat bagi murid. Hal ini perlu dilakukan para guru agar metode pembelajaran bisa lebih kreatif dan meningkatkan kreatifitas murid.

Nah setelah ketahui pengertian mengenai metode pembelajaran inovatif, sekarang apa saja contoh dari pembelajaran inovatif? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Contoh Model Pembelajaran Inovatif

Ada beberapa contoh pembelajaran inovatif yang perlu diketahui, diantaranya seperti Hybrid Learning, Flipped Calssroom, Jigsaw maupun beberapa contoh pembelajaran inovatif lainnya. Penjelasan mengenai macam-macam pembelajaran inovatif adalah sebagai berikut:

1. Hybrid Learning

Metode pembelajaran inovatif pertama yang perlu diterapkan yaitu Hybrid Learning. Dimana model pembelajaran ini menggabungkan aspek dan strategi antara pembelajaran tatap muka, pembelajaran secara online dan praktik dalam dunia nyata. Sejak pandemi, model pembelajaran ini sudah dilakukan dengan adanya pembelajaran jarak jauh atau PJJ.

Penerapan pembelajaran inovatif Hybrid Learning diantaranya yaitu dengan menggunakan peralatan seperti eBook, Web Conferencing (Google Classroom, Zoom atau media lainnya), video, game, kuis online maupun dengan penerapan lainnya. Model pembelajaran ini tentunya banyak sekali mendatangkan manfaat bagi para murid dan guru.

2. Inquiry Based Learning

Model pembelajaran inovatif kedua yang perlu diterapkan yaitu Inquiry Based Learning. Metode pembelajaran inovatif ini berbasis pertanyaan. Sehingga pembelajaran inovatif ini pengajar tidak hanya berperan sebagai guru, namun berperan aktif juga sebagai fasilitator.

Penerapan pembelajaran inovatif Inqury Based Learining ini diantaranya seperti guru mengajukan pertanyaan, skenario dan masalah-masalah pada siswa, lalu siswa akan melakukan riset dari topik yang telah diberikan secara kelompok maupun secara individual. Sehingga nanti para murid dapat mempresentasikan hasil riset mereka dengan bukti yang mendukung di depan kelas bersama murid lainnya.

3. Project Based Learning

Metode pembelajaran inovatif ketiga yang perlu diterapkan yaitu Project Based Learning. Model pembelajaran ini yakni untuk mendorong keahlian para murid dalam melakukan riset, kolaborasi, berpikir kritis dan bisa menyelesaikan masalah.

Penerapan pembelajaran inovatif Project Based Learning yaitu seperti mendorong murid agar bisa mengembangkan pengetahuan dan keterampilan melalui tugas yang berkaitan dengan persoalan yang dihadapi dalam kehidupan nyata.

4. Quantum Learning

Metode pembelajaran inovatif keempat yang perlu diterapkan yaitu Quantum Learning. Model pembelajaran ini adalah salah satu model pembelajaran berbasis penelitian lainnya yang mengintegrasikan strategi terbaik dalam pengajaran terhadap siswa serta bagaimana cara siswa menerima pelajaran.

Penerapan pembelajaran inovatif ini seperti dengan memutar musik, menyesuaikan gaya belajar visual, auditori, kinestetik, memberi pujian, melatih memori, penataan lingkungan belajar maupun dengan cara penerapan lainnya.

5. Jigsaw

Model pembelajaran inovatif yang perlu diterapkan selanjutnya yaitu Jigsaw. Metode pembelajaran inovatif ini untuk mendorong para murid agar aktif. Misalnya dengan memberikan kesempatan bagi para murid untuk saling belajar dari satu sama lain. Sehingga nantinya bisa mendorong inklusivitas murid di dalam kelas.

Penerapan pembelajaran inovatif ini bisa dilakukan dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok, lalu berikan masing kelompok dengan materi tertentu, setelah itu berikan tugas kepada siswa untuk menjelaskan informasi yang telah dipelajari oleh anggota lainnya. Sehingga nantinya para murid harus menyelesaikan proses ini sampai tiap kelompok memiliki informasi untuk melengkapi kepingan informasi lainnya.

6. Flipped Classroom

Metode pembelajaran inovatif yang perlu diterapkan selanjutnya yakni Flipped Classroom. Dimana pada model pembelajaran konvesional sebelumnya, guru mengajar dan siswa mendengarkan secara pasif, namun pada model pembelajaran ini siswa dituntut agar mampu mengembangkan pemahaman nya mengenai materi tersebut di luar kelas.

Penerapan pembelajaran inovatif ini misalnya dengan membiarkan siswa membaca atau menonton materi pelajaran di luar kelas. Serta bisa juga dengan memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan belajar kelompok, diskusi, debat atau praktik diluar setelah pembelajaran selesai.

7. Personalisasi Pembelajaran

Model pembelajaran inovatif terakhir yang perlu diterapkan yaitu Personalisasi Pembelajaran. Dimana metode pembelajaran inovatif ini yaitu untuk mempersonalisasikan bagi setiap murid agar sesuai gaya belajar, latar belakang, kebutuhan maupun pengalaman yang sudah murid dapatkan sebelumnya.

Nah setelah ketahui beberapa contoh pembelajaran inovatif di atas, sekarang apa saja manfaat dari pembelajaran inovatif? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Pembelajaran Inovatif

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bahwa pembelajaran inovatif akan mendatangkan banyak sekali manfaat bagi murid maupun pengajar. Dimana manfaat pembelajaran inovatif diantaranya sebagai berikut:

  • Meningkatkan Keterlibatan Murid
  • Mengasah Penyelesaian Masalah
  • Mengasah Berpikir Kritis
  • Membangkitkan Minat Belajar
  • Meningkatkan Kepercayaan Diri

Itulah informasi mengenai model pembelajaran terbaru yang berhasil admin Calwriterssfv.com rangkum. Bagaimana, apakah masih ada yang bingung mengenai pengertian dan contoh dari pembelajaran inovatif?

Akhir Kata

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa model pembelajaran inovatif diantaranya seperti Hybrid Learning, Inquiry Based Learning, Project Based Learning, Quantum Learning, Jigsaw, Flipped Classroom dan Personalisasi Pembelajaran. Beberapa model pembelajaran tersebut bertujuan agar siswa lebih terlibat dalam proses belajar mengajar, mengasah murid dalam menyelesaikan masalah, mengasah murid untuk berpikir kritis, meningkatkan minat belajar dan kepercayaan diri.

Sekian artikel kali ini tentang model pembelajaran terbaru. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi Calwriterssfv.com dan semoga artikel di atas tentang metode pembelajaran inovatif dapat bermanfaat buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim Calwroterssfv.com

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *