Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

5 Contoh Soal Peta Kontur : Pengertian & Rumus

Contoh Soal Peta Kontur
Advertisements

Contoh Soal Peta Kontur – Mata pelajaran geografi merupakan salah satu mata pelajaran yang mempelajari tentang persamaan, hubungan serta perbedaan antara ruang pada Bumi. Ilmu geografi sendiri terbagi menjadi dua, yaitu geografi manusia dan geografi fisika.

Mata pelajaran geografi sendiri sudah diajarkan sejak tingkat Sekolah Dasar dan masih tetap diajarkan sampai tingkat SMA. Salah satu mata materi dalam pelajaran geografi untuk tingkat SMA baik kelas 10, 11 dan 12 adalah peta kontur. Dimana materi ini juga masuk kedalam PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA.

Apabila anda masih merasa bingung pada materi peta kontur, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat dahulu beberapa contoh soal peta kontur yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini. Supaya anda bisa lebih memahami materi peta kontur.

Advertisements

Namun selain memberikan beberapa contoh soal, kami juga turut memberikan sedikit pembahasan lainnya seperti rumus peta kontur lengkap dengan pengertiannya. Apabila anda sudah ingin mengetahui informasi lengkapnya, maka bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Apa Itu Peta Kontur

Peta kontur atau disebut juga dengan peta topografi ialah salah satu dari jenis peta dengan ciri khusus yang memperlihatkan bentuk, penyebaran bagian muka bumi serta dimensinya dengan adanya tanda skala besar serta lebih detail.

Peta kontur biasanya terdiri dari dua ataupun lebih peta yang menjadi satu untuk membentuk keseluruhan peta. Sedangkan garis kontur ialah kombinasi dari dua segmen garis yang berhubungan akan tetapi tidak berpotongan.

Sedangkan pengertian peta kontur atau peta topografi berdasarkan pusat informasi peta topografi Kanada menyebutkan “Sebuah peta topografi ialah representasi garis secara detail serta akurat mengenai kondisi alam pada sebuah daratan.

Rumus Peta Kontur

Adapun untuk membuat peta kontur itu sendiri memiliki rumus, dimana rumus peta kontur terbagi menjadi dua, yaitu rumus mencari skala peta grais kontur dan rumus mencari tinggi kontur. Dengan kombinasi dua rumus tersebut, maka dapat dibuatlah peta kontur.

Apabila anda ingin mengetahui secara lengkap bagaimana rumus peta kontur tersebut, maka anda bisa langsung melihat penjelasannya dibawah ini.

Rumus Mencari Skala Peta Garis Kontur

Adapun cara untuk mengetahui skala pada sebuah peta kontur bisa menggunakan persamaan yang menyatakan hubungan skala serta kontur interval. Rumus skala pada peta kontur atau topografi bisa didapatkan dengan persamaan CI (Contour Interval) x 2.000.

Rumus Skala Peta Kontur

Rumus Mencari Tinggi Kontur pada Titik Tertentu

Rumus Mencari Tinggi Kontur Pada Titik Tertentu

Contoh Soal Peta Kontur

Apabila anda sudah mengetahui apa itu peta kontur dan bagaimana rumus yang digunakan untuk mengerjakan soal peta kontur, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu contoh soal peta kontur. Dimana kami akan memberikan beberapa contoh soal tersebut.

Jadi untuk anda yang sekiranya masih belum paham dengan materi peta kontur atau topografi ini, ada baiknya jika anda melihat beberapa contoh soal berikut secara lengkap.

Akhir Kata

Demikian itu beberapa contoh soal peta topografi yang sekiranya dapat Calwriterssfv.com berikan pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi tentang contoh soal diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk anda sekalian.

Advertisements
Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *