Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

10 Contoh Soal Momen Inersia dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal Momen Inersia
Advertisements

Contoh Soal Momen Inersia – Kembali lagi pada kesempatan hari ini, kami ingin memberikan beberapa contoh soal. Dimana contoh soal yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini adalah contoh soal momen inersia.

Materi momen inersia sendiri juga terkadang muncul dalam beberapa Soal Momentum Sudut yang biasanya digunakan untuk mencari hukum kekekalan momentum sudut pada mata pelajaran fisika tingkat SMP atau SMA.

Nah, untuk kalian yang sekiranya masih kurang memahami mengenai materi momen inersia, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat contoh soal yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini terlebih dahulu.

Advertisements

Karena selain memberikan contoh soal, kami juga turut memberikan beberapa pembahasan lainnya. Sehingga kalian tidak hanya dapat mengetahui bentuk contoh soalnya saja, melainkan juga dapat mengetahui hal lainnya dalam materi momen inersia.

Apa Itu Momen Inersia

Momen inersia adalah ukuran kelembaman sebuah benda untuk berortasi pada porosnya. Besaran ini ialah analog rotasi dari pada massa. Satuan untuk momen inersia sendiri adalah SI : kg/m2 dan terkadang juga dilambangkan dengan I atau J untuk merujuk pada momen inersia.

Momen inersia sendiri memiliki peranan dalam dinamika rotasi seperti massa dalam dinamika dasar dan menentukan sebuah hubungan antara momentum sudut dan kecepatan sudut, momen gaya dan percepatan sudut dan beberapa besaran yang lainnya.

Jenis-Jenis Momen Inersia

Setelah mengetahui pengertian momen inersia, hal lainnya yang perlu diketahui ialah jenis-jenis momen inersia. Momen inersia sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu momen inersia partikel dan momen inersia benda tegar.

1. Momen Inersia Partikel

Momen inersia partikel ialah momen inersia yang melihat sebuah benda sebagai partikel yang sangat kecil. Dimana rumus momen inersia partikel adalah I = mr2.

2. Momen Inersia Benda Tegar

Momen inersia jenis ini menganggap partikel tersebar secara menyeluruh pada setiap bagian benda tersebut. Setiap partikel itu sendiri memiliki massa dan juga memiliki jarak (r) dari suatu porosnya. Rumus momen inersia benda tegar ini sendiri terbagi menjadi beberapa rumus, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Batang silinder (Poros Tengah)
    I=1/12mr2
  • Batang silinder (Poros Ujunga)
    I=1/3mr2
  • Bola Pejal
    I=2/5mr2
  • Bola Berongga
    I=2/3mr2

Keterangan:

  • I : Momen Inersia
  • m : Massa Benda
  • p : Panjang Benda

Contoh Soal Momen Inersia

Setelah mengetahui beberapa hal tentang momen inersia, maka saatnya kalian ketahui bagaimana bentuk contoh soal momen inersia secara lengkap dengan kunci jawabannya. Dimana kalian bisa langsung melihat contoh soal momen inersia secara langsung dibawah ini.

1. Sebuah bola dengan massa 100 gr dihubungkan dengan seutas tali yang memiliki panjang 30 cm. Berapa momen inersia bola terhadap sumbu AB sesuai pada gambar dibawah ini.

1 Contoh Soal Momen Inersia

Diketahui:

  • Sumbu rotasi = AB
  • Massa bola (m) = 100 gr = 100/1000 = 0,1 kg
  • Jarak bola dari sumbu rotasi (r) = 30 cm = 0,3 m

Ditanya:

  • Momen inersia bola (I)

Jawab:

I = m r2 = (0,1 kg)(0,3 m)2
I = (0,1 kg)(0,09 m2)
I = 0,009 kg m2

Download Soal Momen Inersia

Akhir Kata

Apabila kalian merasa kesulitan dalam mengerjakan contoh soal yang kami berikan diatas, maka kami sarankan kepada kalian untuk download contoh soal tersebut. Sehingga kalian lebih banyak memiliki waktu untuk mengerjakan contoh soal tersebut.

Dengan ini berakhir sudah pembahasan mengenai contoh soal momen inersia dan kunci jawabannya dari Calwriterssfv.com, mudah-mudahan saja beberapa contoh soal diatas dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian.

Advertisements
Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.