Cara Setor Tunai BRI

Cara Setor Tunai BRI
Advertisements

Cara Setor Tunai BRI – Setor tunai merupakan kegiatan memasukan uang ke dalam rekening bank, namun tentunya untuk anda yang sudah memiliki rekening bank. Sedangkan untuk anda yang belum memiliki, maka bisa melihat CARA BUAT REKENING BRI ONLINE.

Karena tanpa adanya rekening, maka anda tidak dapat melakukan setor tunai baik melalui ATM ataupun langsung ke cabang bank. Nah, saat ini proses setor tunai sudah dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat, karena dapat dilakukan melalui ATM.

Saat ini sudah tersedia beberapa mesin ATM yang dapat digunakan untuk menarik dan setor tunai, namun tidak semua jenis ATM sudah dapat berfungsi untuk tarik dan setor tunai. Mesin ATM setor tunai biasanya hanya tersedia di kantor cabang bank.

Advertisements

Untuk anda yang sekiranya ingin melakukan setor tunai melalui ATM, terutama untuk bank BRI. Baik itu melalui ATM BRI link atau bukan, namun masih belum mengetahui caranya. Maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat terlebih dahulu informasi cara setor tunai BRI yang akan kami sajikan hari ini.

Minimal Setor Tunai BRI

Minimal Setor Tunai BRI

Sebelum membahas cara untuk setor tunai di ATM, maka anda juga harus mengetahui berapa minimal jumlah setoran uang yang dapat dimasukan ke dalam mesin setor tunai. Adapun untuk limit jumlah uang yang dapat setor tunai ialah 50 lembar, baik itu nominal Rp 50.000 atau Rp 100.000

Apabila jumlah yang ingin disetorkan tidak mencukupi dengan jumlah yang dimasukan, maka silahkan lakukan setor tunai sampai beberapa kali sesuai dengan total uang yang akan disetorkan.

Sedangkan untuk limit uang yang dapat disetorkan sendiri tergantung dari jenis kartu debit yang digunakan, karena setiap kartu memiliki limit setor tunai yang berbeda-beda.

Jenis KartuLimit Per Hari
Simpedes ClassicRp 30.000.000,00
BRItAma ClassicRp 30.000.000,00
BRItAma GoldRp 50.000.000,00
BRItAma BisnisRp 100.000.000,00
BRI PrioritasRp 100.000.000,00

Jadi untuk anda yang sering melakukan setor tunai dengan jumlah yang besar di bank BRI, alangkah baiknya jika anda menggunakan jenis kartu debit BRItAma Bisnis atau BRI Priotitas. Karena kedua jenis kartu tersebut memiliki limit tertinggi diantara kartu yang lainnya.

Penyebab Gagal Setor Tunai BRI

Untuk anda yang sudah terbiasa melakukan setor tunai di BRI atau bank lainnya, anda pasti pernah mengalami gagal setor atau uang tidak dapat dimasukan. Nah, hal tersebut biasanya ada beberapa penyebab yang diantarany adalah

1. Kondisi Uang Tidak Baik

1. Kondisi Uang Tidak Baik
Advertisements

Penyebab paling umum gagal setor tunai di BRI atau bank lainnya ialah uang banyak memiliki lipatan, terutama untuk uang yang tersimpan dikantong celana atau baju pasti tidak memiliki bentuk yang utuh atau sempurna.

Hal tersebut dapat menyebabkan uang tidak terdeteksi oleh mesin, sehingga uang tidak dapat disetorkan atau tidak dapat masuk kedalam mesin ATM. Cara mengatasinya cukup dengan meluruskan uang sampai terlihat utuh kembali, kemudian coba masukan kembali.

Sedangkan untuk uang yang sudah rusak atau bahkan ada tambahan staples atau selotip, alangkah baiknya tukarkan uang dengan kondisi uang yang lebih baik dan bagus.

2. Mesin ATM Rusak

2. Mesin ATM Rusak

Penyebab selanjutnya gagal setor tunai di ATM ialah terdapat kerusakan pada mesin ATM. Apabila sampai terjadi hal tersebut, ada baiknya jika anda memutuskan untuk pindah mesin ATM atau langsung melakukan setor tunai disalah satu cabang bank terdekat.

3. Sistem Error

3. Sistem ATM BRI Error

Penyebab terakhir ialah terdapat sistem error pada komputer ATM. Hal ini juga sama halnya dengan penyebab nomor dua, nasabah tidak dapat melakukan hal apapun untuk mengatasi penyebab gagal setor tunai yang satu ini.

Cara Setor Tunai BRI

Apabila anda sudah mengetahui beberapa hal yang berhubungan dengan setor tunai di ATM, maka saatnya kembali ke cara setor tunai BRI yang menjadi pokok pembahasan pada kesempatan hari ini. Dimana cara untuk setor tunai bisa anda lihat secara lengkap dibawah ini.

Cara setor tunai BRI sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui BRI atau Link dan dapat melalui salah satu cabang bank BRI terdekat.

Cara Setor Tunai BRI di ATM

Untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana cara setor tunai melalui ATM. Maka berikut ini adalah cara untuk melakukan setor tunai melalui mesin ATM BRI.

1. Masukan Kartu ATM BRI

1. Masukan Kartu ATM BRI

Silahkan masukan kartu ATM BRI untuk melakukan setor tunai ke rekening BRI yang dimiliki.

2. Pilih Bahasa

2. Pilih Bahasa

Setelah itu silahkan pilih bahasa yang akan digunakan, Bahasa Indonesia / English.

3. Masukan PIN ATM

3. Masukan PIN ATM

Cara selanjutnya tinggal memasukan PIN dengan benar. Apabila terjadi kesalahan dalam memasukan PIN ATM, pastikan tidak melebihi sampai 3 kali. Karena kartu debit akan secara otomatis terblokir.

4. Pilih Menu Setor Tunai

4. Pilih Menu Setor Tunai

Selanjutnya tinggal memilih menu Setor Tunai yang ada dipojok kiri bawah. Di beberapa mesin ATM mungkin ada yang lokasi menunya berbeda.

5. Masukan Uang

5. Masukan Uang

Berikutnya tinggal memasukan uang yang ingin disetorkan, pastikan kondisi uang yang akan disetorkan masih dalam keadaan bagus seperti yang sudah dijelaskan pada bagian penyebab gagal setor tunai.

6. Pilih Menu Setor

6. Pilih Menu Setor

Selanjutnya akan muncul nominal uang yang akan disetorkan, pastikan jumlah yang muncul sesuai dengan jumlah uang yang dimasukan. Setelah itu pilih menu Setor.

7. Konfirmasi Nama dan Nomor Rekening

7. Konfirmasi Nama dan Nomor Rekening

Setelah itu akan muncul data seperti nama dan nomor rekening, pastikan data tersebut sesuai dengan data rekening bank. Selanjutnya tinggal memilih menu YA.

8. Ambil Struk Transaksi

8. Ambil Struk Transaksi

Setelah menekan menu YA sebelumnya, maka tinggal menunggu proses uang masuk ke dalam rekening dan silahkan ambil struk transaksi sebagai bukti transaksi.

9. Transaksi Berhasil

9. Transaksi Setor Tunai BRI Berhasil

Setelah transaksi berhasil, kemudian akan muncul menu Lanjutkan Transaksi? Apabila anda ingin melanjutkan transaksi silahkan pilih menu YA, jika tidak silahkan pilih menu Tidak.

10. Ambil ATM

10. Ambil Kartu ATM BRI

Jangan lupa untuk mengambil kartu ATM BRI setelah selesai melakukan setor tunai, karena tidak sedikit orang lupa tidak mengambil kembali ATM dari mesin setelah selesai melakukan transaksi.

Cara Setor Tunai BRI di Bank

Cara Setor Tunai BRI di Bank

Sedangkan untuk anda yang sekiranya masih merasa bingung untuk melakukan setor tunai di BRI atau Link, maka ada baiknya jika anda melakukan setor tunai secara langsung ke salah satu cabang bank BRI terdekat.

  • Silahkan datangi salah satu cabang bank BRI terdekat.
  • Selanjutnya mengambil nomor antrean dan juga formulir penyetoran tunai.
  • Sembari menunggu nomor antrean, silahkan isi formulir penyetoran dengan benar.
  • Apabila sudah dipanggil, berikan formulir penyetoran kepada petugas teller bersamaan dengan uang yang akan disetorkan.
  • Setelah proses setor selesai, jangan lupa bawa bukti salinan formulir penyetoran tunai.

Apabila anda ingin melakukan setor tunai secara langsung di bank, alangkah baiknya jika anda datang lebih awal ke bank. Karena tidak sedikit orang yang ingin melakukan setor tunai juga, selain itu juga ada juga orang yang ingin melakukan penarikan secara langsung.

Akhir Kata

Sangat mudah bukan cara setor tunai BRI di ATM ataupun cabang bank BRI. Untuk anda yang sekiranya lebih suka melakukan setor tunai di ATM, alangkah baiknya pilih lokasi yang aman. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti misalnya perampokan dan sebagainya.

Dengan ini selesai sudah informasi yang dapat Calwriterssfv.com berikan kepada anda pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi yang baru kami berikan diatas bisa menambah pengetahuan anda semua sekalian.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *