Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Cara Melihat Siapa Yang Transfer ke Rekening BCA

Cara Melihat Siapa Yang Transfer ke Rekening BCA
Advertisements

Cara Melihat Siapa Yang Transfer ke Rekening BCA – Setelah melakukan sebuah transaksi baik itu transfer, pembayaran atau lainnya. Tentu akan mendapatkan bukti berupa struk atau bukti online yang bisa disimpan di galeri.

Lalu bagaimana jika sampai lupa dan hilang? Pastinya banyak orang bertanya mengenai cara melihat transaksi yang sudah pernah terjadi. Apalagi bagi para online shop yang ingin memastikan pembelinya sudah transfer atau belum.

Nah, pada kesempatan ini calwriterssfv.com akan sampaikan mengenai cara melihat siapa yang transfer ke rekening BCA kita. Untuk melihat mutasi atau history transaksi yang pernah terjadi dalam kurun beberapa waktu belakangan.

Advertisements

Sehingga bagi Anda nasabah BCA yang ingin mengetahui siapa saja yang sudah transfer dalam periode waktu tertentu. Maka bisa dilakukan secara mudah karena ada beberapa pilihan cara untuk mengetahui hal ini.

Cara Melihat Siapa Yang Transfer ke Rekening BCA

Sudah disinggung di atas jika ada beberapa pilihan cara bisa dilakukan, lalu apa saja cara-cara cek mutasi tersebut? Untuk lebih jelas mengenai cara apa saja untuk dapat melihat siapa yang sudah transfer ke rekening BCA kita, maka simak pembahasan ini sampai akhir.

1. SMS Banking BCA

1. SMS Banking BCA

Cara pertama melihat siapa yang transfer ke rekening yaitu dengan memanfaatkan layanan SMS Banking. Namun, sebelumnya nasabah BCA harus sudah mengaktifkan fitur SMS Banking di kantor cabang bank BCA dengan nomor HP.

Jika nomor HP Anda sudah terdaftar, maka sudah bisa digunakan untuk melihat siapa saja yang transfer ke rekening BCA Anda. Untuk cara melihatnya sendiri simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Siapkan ponsel Anda, lalu masuk ke menu Pesan.
  • Lanjut dengan ketik SMS dengan format MUTASI (SPASI) KODE AKSES.
  • Lalu kirim ke 69888

Catatan : Kode akses adalah kode yang dibuat saat daftar SMS BCA di ATM.

Sayangnya cara melihat siapa yang transfer atau mutasi rekening lewat layanan SMS Banking hanya bisa mengambil 5 transaksi terakhir saja. Oh ya, SMS ini nantinya akan dikenakan bisa per SMS nya.

Untuk GSM Rp 500 -Rp 1.620, sedangkan CDMA Rp 400 – Rp 550. Jadi, pastikan sebelum melakukan pengiriman SMS untuk bisa melihat siapa yang transfer ke rekening BCA Anda terlebih dahulu memastikan pulsa cukup.

2. Internet Banking (KlikBCA)

2. Internet Banking KlikBCA

Selain layanan SMS Banking, Anda juga dapat manfaatkan layanan Internet Banking BCA atau KlikBCA untuk melihat transfer siapa yang berhasil masuk ke rekening. Untuk langkahnya sendiri seperti:

  • Silakan Anda buka website KlikBCA di browser perangkat Anda, kemudian klik Login.
  • Jika sudah, maka lanjut dengan masukkan User ID dan PIN Internet Banking BCA Anda.
  • Kemudian pilih menu Informasi Rekening > Mutasi Rekening.
  • Lanjut dengan isi tanggal periode mutasi rekening yang ingin dilihat. Setelah itu klik Lihat Mutasi Rekening.
  • Kemudian pada layar akan muncul riwayat transaksi dimaksud sesuai dengan periode waktu dipilih.

3. Mobile Banking (m-BCA)

3. Mobile Banking m BCA
Advertisements

Jika nasabah BCA belum mengaktifkan kedua layanan di atas, namun sudah menggunakan layanan Mobile Banking BCA atau biasa disebut dengan m-BCA. Maka bisa juga untuk digunakan melihat siapa yang transfer ke rekening.

Sebelum menikmatinya, Anda terlebih dahulu harus mengaktifkan ke kantor cabang dan mendaftarkan nomor ponsel. Setelah berhasil aktif, maka sudah bisa digunakan kapan pun dan di mana pun. Berikut langkah mutasinya:

  • Pertama buka aplikasi mobile BCA.
  • Lanjut pilih m-BCA, lalu masukkan kode akses.
  • Setelah itu, pilih m-Info.
  • Kemudian lanjut dengan pilih Mutasi Rekening.
  • Kemudian silakan masukkan periode waktu yang ingin diketahui data transaksi transfernya (Bisa dilihat per tanggal atau per bulan). Jika sudah klik Kirim.
  • Akan muncul berbagai transaksi baik debit atau kredit sesuai periode yang diatur.

4. LINE (VIRA)

4. LINE VIRA

Untuk para nasabah yang sudah daftar layanan Vira di LINE, bisa gunakan layanan ini untuk melihat siapa saja yang transfer ke rekening BCA. Tidak hanya itu saja, nasabah BCA juga bisa untuk layanan cek saldo dan beberapa lainnya.

  • Pertama silakan buka aplikasi LINE.
  • Langkah berikutnya langsung saja masuk atau buka, lalu chat dengan akun resmi Bank BCA.
  • Kemudian pilih menu Perbankan.
  • Setelah itu, pilih Cek Mutasi Rekening.

Dengan begitu, semua transaksi pernah dilakukan seperti transfer, penarikan dan lainnya akan terlihat. Kelebihan melihat siapa yang transfer/mutasi lewat Vira di LINE yaitu gratis dan tidak kena biaya pulsa.

Namun ponsel/smartphone harus dan wajib terhubung dengan koneksi internet. Sedangkan kekurangan ada pada banyaknya transaksi yang akan dilihat, karena hanya akan menampilkan 5 transaksi (transfer) saja.

5. Mesin ATM BCA

5. Mesin ATM BCA

Selain cara-cara online di atas, Anda bisa juga layanan offline yang telah diberikan dari pihak bank BCA yaitu berupa mesin ATM. Cara ini mungkin bisa dilakukan oleh nasabah yang belum menggunakan layanan online. Berikut caranya:

  • Datang ke ATM BCA, kemudian masukkan kartu ATM BCA.
  • Lanjut dengan masukkan PIN ATM BCA.
  • Lanjut pilih Transaksi Lainnya.
  • Kemudian pilih Informasi.
  • Lalu pilih Mutasi Rekening.
  • Kemudian mesin ATM BCA akan secara otomatis mencetak dan mengeluarkan struk berisi data transfer Anda.
  • Jika sudah, akhiri transaksi di mesin ATM, lalu ambil struk dan kartu ATM.

Sama halnya dengan melihat siapa yang transfer lewat Vira di Line, bukti transfer yang akan ditampilkan di struk yaitu hanya 5 transfer/transaksi terakhir. Untuk melihat mutasi transfer sendiri nantinya nasabah BCA tidak akan di kenakan biaya.

Pengenaan biaya sendiri nantinya hanya akan dikenakan saat nasabah BCA melakukan transfer antar bank yang besaran umum Rp 6.500. Ini hampir sama seperti BIAYA TRANSFER BRI KE BANK LAIN atau Mandiri ke bank lain.

6. Datang ke Kantor Cabang Bank BCA

6. Datang ke Kantor Cabang Bank BCA

Nah, jika Anda ingin melihat siapa yang transfer ke rekening BCA dengan jumlah yang lebih banyak semisal dalam periode lebih dari 3 bulan. Maka jalan satu-satunya dengan cara print rekening koran di kantor cabang BCA, berikut langkahnya:

  • Datang ke kantor BCA.
  • Ambil nomor antrean dan tunggu sampai dipanggil.
  • Tiba giliran nomor dipanggil, langsung temui teller.
  • Sampaikan maksud kedatangan Anda pada teller yaitu ingin cek mutasi atau print rekening koran.
  • Kemudian teller akan mulai membantu dengan meminta syarat seperti KTP, buku tabungan dan bisa juga kartu ATM.
  • Setelah selesai pemprosesan, maka teller akan menginformasikan kepada Anda.
  • Anda sudah bisa melihat siapa yang transfer ke rekening BCA yang dimiliki.

Oh ya, untuk mutasi rekening atau print rekening koran di kantor cabang nantinya akan dikenakan biaya Rp 2500 – Rp 3000 per lembarnya. Dengan begitu, pastikan saat Anda ingin print rekening koran siapkan uang tunai.

Akhir Kata

Untuk bisa melihat lewat layanan online seperti SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking terlebih dahulu Anda harus sudah berhasil aktivasi/registrasi. Selain itu, pastikan juga tersambung dengan jaringan internet.

Namun jika Anda memiliki cukup banyak waktu luang, maka bisa lakukan mutasi rekening di gerai ATM BCA maupun datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat. Dengan catatan membawa syarat diperlukan.

Mungkin seperti itulah informasi yang dapat calwriterssfv.com sampaikan mengenai cara melihat siapa yang transfer ke rekening BCA kita baik secara offline maupun online. Semoga dengan adanya cara melihat siapa yang transfer di atas bisa bermanfaat bagi semua.

Advertisements
Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Cara Setor Tunai BRI

Temek
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *