Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Cara Mengajukan Pinjaman ke Bank BRI

Cara Mengajukan Pinjaman Ke Bank BRI

Cara Mengajukan Pinjaman ke Bank BRI – memberikan penjelasan mengenai langkah dalam proses pengajuan pinjaman ke perbankan terbesar di Indonesia yakni BRI. Dimana pinjaman ke bank BRI dapat diajukan baik oleh nasabah payroll ataupun bukan.

Pinjaman bank BRI sendiri mempunyai banyak jenis, dimana tiap pinjaman bank BRI tersebut mempunyai kegunaan masing-masing mulai dari pinjaman produktif, konsumtif serta multiguna. Artinya sebelum mengajukan ke pihak BRI, Anda harus memahami fungsi pinjaman tersebut.

Meskipun pembahasan mengenai pinjaman bank BRI sudah banyak diketahui oleh masyarakat, namun tidak demikian dengan cara mengajukan ke pihak BRI. Oleh karena itu, di sini Calwriterssfv akan membahas cara mengajukan pinjaman ke bank BRI.

Pengajuan pinjaman ke bank BRI sendiri umumnya bisa dilakukan melalui cara offline, yakni dengan datang langsung ke kantor bank BRI. Sementara untuk varian pinjaman BRI tertentu telah menyediakan cara mengajukan online.

Jenis Pinjaman Bank BRI

Jenis Pinjaman Bank BRI

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara pengajuannya, penulis akan menguraikan terlebih dahulu apa saja jenis serta kegunaan pinjaman bank BRI. Simak daftar berikut agar mendapatkan gambaran mengenai jenis pinjaman bank BRI.

1. KUR BRI

KUR BRI merupakan sebuah fasilitas pinjaman dana guna modal usaha UMKM. Artinya nasabah yang hendak mengajukan KUR ke bank BRI harus sudah mempunyai bisnis mandiri berskala mikro, kecil, ataupun ritel. Hal ini dikarenakan dana KUR BRI hanya boleh dipakai sebagai modal kerja (KMK) ataupun investasi usaha (KI).

2. KPR BRI

Pilihan pinjaman kedua adalah KPR BRI, yakni sebuah fasilitas pinjaman terkait kepemilikan hunian atau properti. Uang pinjaman KPR BRI tersebut dapat digunakan sebagai pinjaman konsumtif seputar pembelian, renovasi hingga take over angsuran rumah perbankan lain ke bank BRI.

3. KTA BRI

KTA BRI atau nama resminya adalah BRIGUNA, merupakan pilihan pinjaman multiguna yang hanya dapat diajukan oleh seorang pegawai atau pensiunan. Karena nantinya Kredit Tanpa Agunan (KTA) BRI tersebut akan menggunakan SK pegawai atau SK pensiun sebagai jaminannya.

4. Kupedes BRI

Kupedes BRI adalah jenis pinjaman BRI bagi masyarakat Indonesia di area pedesaan. Dana kupedes bank BRI juga dapat digunakan sebagai pinjaman multiguna.

5. KKB BRI

Jenis pinjaman terakhir adalah KKB BRI, dimana fungsinya adalah seputar kendaraan bermotor. Baik itu sepeda motor ataupun mobil kondisi baru maupun bekas dapat mengajukan KKB ke bank BRI.

Syarat Pinjaman Bank BRI

Syarat Pinjaman Bank BRI

Setelah mengetahui jenisnya, maka Anda perlu mengetahui syarat mengajukan pinjaman ke bank BRI. Dimana syarat serta ketentuan umum mengajukan pinjaman ke BRI adalah:

  • Mempunyai status WNI dibuktikan melalui kepemilikan KTP.
  • Paling tidak sudah berusia 21 tahun atau sudah berstatus menikah mengajukan.
  • Memiliki usaha atau pekerjaan dengan penghasilan tetap.
  • Pekerjaan ataupun bisnis sudah dijalani selama lebih dari 1 tahun (6 bulan khusus KUR).
  • Tidak sedang menggunakan fasilitas pinjaman ataupun kartu kredit perbankan lain.
  • Tidak masuk blacklist Bank Indonesia (lolos proses BI Checking).

Selain syarat umum di atas, mengajukan pinjaman ke bank BRI harus disertai beberapa dokumen persyaratan seperti:

  • Formulir permohonan pengajuan sesuai jenis pinjaman BRI.
  • Scan/Copy KTP pemohon pinjaman & pasangan.
  • Scan/Copy Kartu keluarga KK.
  • Scan/Copy akte nikah.
  • Scan/Copy SKU/SIUP/NIB.
  • Scan/Copy Slip gaji atau surat keterangan penghasilan.
  • Asli dan copy surat jaminan.
  • Scan/Copy rekening tabungan.
  • Scan/Copy NPWP (plafond >50 juta).
  • Pas foto 4×6 suami istri (masing-masing 2 lembar).

Dimana berkas dalam bentuk copy akan digunakan dalam proses pengajuan pinjaman ke bank BRI sistem offline, sedangkan file scan nantinya dipakai dalam sistem online.

Biaya Pinjaman Bank BRI

Biaya Pinjaman Bank BRI

Berikutnya adalah bahasan mengenai biaya mengajukan pinjaman BRI. Dimana ketentuan terkait biaya mengajukan pinjaman bank BRI dapat disimak pada tabel berikut.

Pinjaman Bank BRIBiaya AdministrasiBiaya Provisi
KUR BRI
KPR BRI0,1%1%
KTA BRIGUNARp. 100.0001,5%
Kupedes BRIRp. 100.000
KKB BRIRp. 400.000 – Rp. 600.000

Jika melihat data tabel, maka sebagian besar pinjaman bank BRI mempunyai jumlah cukup besar bila dibandingkan biaya layanan BRI lainnya. Namun tak perlu khawatir, karena angsuran bulanan pinjaman BRI tidak dikenai biaya khusus.

Selain itu cara membayar cicilan kredit bank BRI sudah tersedia melalui fasilitas autodebet, mobile banking, hingga yang termudah yaitu melalui ATM. Dimana cara membayar angsuran pinjaman bank BRI melalui ATM tidak berbeda jauh dari CARA BAYAR ANGSURAN FIF.

Cara Mengajukan Pinjaman ke Bank BRI Online

Waktu yang dibutuhkan: 45 menit.

Cara mengajukan pinjaman ke bank BRI sistem online sementara ini hanya dapat digunakan untuk permohonan KUR saja. Dimana langkah mengajukan pinjaman KUR ke bank BRI sistem online adalah sebagai berikut.

  1. Akses Website Resmi BRI

    Pertama akseslah website resmi Pinjaman KUR BRI melalui browser HP. Lalu tekan tombol Ajukan Pinjaman KUR.
    1.Akses Website Resmi BRI

  2. Login ke Layanan Pengajuan

    Langkah kedua lakukan proses login (sebaiknya menggunakan akun google).
    2.Login ke Layanan Pengajuan

  3. Pilih Ajukan Pinjaman

    Kemudian pilihlah menu Ajukan Pinjaman.
    3.Pilih Ajukan Pinjaman

  4. Konfirmasi Syarat dan Ketentuan Pinjaman Bank BRI

    Pada bagian syarat serta ketentuan, scroll ke bawah lalu pilih status nasabah dan centang kode captcha. Setelahnya pilih Setuju & Ajukan Pinjaman.
    4.Konfirmasi Syarat dan Ketentuan Pinjaman Bank BRI

  5. Isi Seluruh Informasi

    Berikutnya isilah semua kolom sesuai data pribadi Anda hingga terisi penuh, lalu klik tombol Selanjutnya.
    5.Isi Seluruh Informasi

  6. Masukkan Dokumen Persyaratan Pinjaman BRI

    Setelah itu, masukkan dokumen persyaratan dengan cara mengupload file hasil scan. Setelah terisi penuh, klik Selanjutnya.
    6.Masukkan Dokumen Persyaratan Pinjaman BRI

  7. Masukkan Data Pengajuan Pinjaman BRI

    Terakhir masukkan data pengajuan seperti Jumlah Plafon serta Jangka Waktu Angsuran, lalu tekan tombol Ajukan.
    7.Masukkan Data Pengajuan Pinjaman BRI

Itulah gambaran mengenai cara mengajukan pinjaman ke bank BRI secara online. Bila merasa kesulitan dengan cara di atas, sebaiknya Anda gunakan cara mengajukan sistem offline.

Cara Mengajukan Pinjaman ke Bank BRI Offline

Cara Mengajukan Pinjaman ke Bank BRI Offline

Sistem offline merupakan cara paling mudah untuk mengajukan pinjaman ke bank BRI. Pasalnya, setiap nasabah hanya perlu datang ke kantor cabang BRI terdekat. Selanjutnya, Anda hanya perlu meminta bantuan dari pihak customer service (CS) terkait instruksi proses mengajukan pinjaman BRI. Berikutnya ikuti saja seluruh instruksi tersebut hingga berkas pengajuan pinjaman ke bank BRI dinyatakan diterima.

Call Center Bank BRI

Call Center Bank BRI

Apabila masih ada pertanyaan seputar cara membuat permohonan pinjaman ke bank BRI, maka bisa ditanyakan secara langsung melalui layanan call centernya. Berikut adalah beberapa kontak call center bank BRI yang bisa Anda hubungi secara langsung.

  • Telepon 24 jam : 14017 dan 1500017.
  • Email : callbri@bri.co.id
  • Facebook : @BRIofficialpage
  • Twitter : @kontakbri
  • Instagram : bankbri_id

Kesimpulan

Berdasar bahasan di atas bisa diketahui bahwa proses mengajukan pinjaman ke bank BRI terbilang cukup mudah. Selain itu penyediaan pengajuan online untuk pinjaman KUR BRI membantu mempercepat proses penyerapan dana KUR bagi para pelaku UMKM dalam negeri.

Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *