Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Cara Bayar Pajak NPWP Lewat ATM Mandiri

Cara Bayar Pajak NPWP Lewat ATM Mandiri
Advertisements

Cara Bayar Pajak NPWP Lewat ATM Mandiri – NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan nomor yang diberikan kepada orang sudah wajib membayar pajak sebagai sarana untuk administrasi perpajakan yang dipakai sebagai tanda pengenal dalam menjalankan kewajiban dan hak perpajakan.

Setiap orang yang sudah memenuhi persyaratan secara subjektif dan objektif berdasarkan dari ketentuan peraturan UU perpajakan, diwajibkan untuk mendaftarkan diri di kantor pajak sesuai dengan wilayah kerja atau tempat tinggal.

Bagi setiap orang yang secara sengaja tidak mendaftarkan diri ataupun menyalahgunakan tanpa hak pengukuhan pengusaha kena pajak, yang dapat merugikan pendapatan negara akan dipindana dengan hukuman 6 tahun penjara dan denda paling tinggi adalah 4 kali jumlah pajak terutang.

Advertisements

Jadi sebagai warga negara Indonesia yang baik, alangkah baiknya jika membayar pajak secara rutin sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Ditambah lagi, cara bayar pajak NPWP saat ini juga sudah semakin mudah, karena pembayaran dapat dilakukan lewat ATM.

Kelebihan dan Kekurangan Bayar Pajak Lewat ATM

Kelebihan dan Kekurangan Bayar Pajak Lewat ATM Mandiri

Sebelum memutuskan untuk membayar pajak melalui ATM Mandiri atau bank lainnya, anda juga perlu mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan bayar pajak NPWP lewat ATM. Karena hal tersebut bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi anda sebelum bayar pajak.

Kelebihan Bayar Pajak di ATM Mandiri

  • Real time transfer
  • Bebas repot administrasi pembayaran

Kekurangan Bayar Pajak di ATM Mandiri

  • Resiko salah input ID Billing lebih tinggi
  • Tidak dapat melakukan pembayaran dimanapun
  • BPN atau Bukti Penerimaan Negara rawan hilang
  • Tidak dapat membayar lebih dari satu ID Billing

Melakukan pembayaran lewat ATM Mandiri atau bank lainnya memang cenderung lebih mudah, akan tetapi memerlukan waktu yang lebih banyak. Karena anda harus menuju ke ATM terlebih dahulu. Jika pembayaran dilakukan melalui mobile banking bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Syarat Bayar Pajak NPWP Lewat ATM Mandiri

Syarat Bayar Pajak NPWP Lewat ATM Mandiri

Sebelum melakukan pembayaran pajak NPWP lewat ATM, maka perlu mempersiapkan beberapa syarat. Dimana syarat utama yang diperlukan ialah syarat untuk mendapatkan kode billing pembayaran.

  • NPWP penyetor pajak
  • Kode jenis pajak dan kode setoran (daftar)
  • Tahun pajak dan masa pajak
  • Jumlah pajak yang dibayarkan

Jika sudah menyiapkan semua syarat diatas, maka anda bisa langsung melanjutkan ke cara bayar pajak NPWP lewat ATM Mandiri atau bank lainnya.

Cara Bayar Pajak NPWP Lewat ATM Mandiri

Untuk melakukan pembayaran pajak NPWP lewat ATM Mandiri, maka anda perlu mengunjungi situs pajak.go.id untuk mendapatkan kode billing pembayaran pajak. Setelah itu baru meneruskan pembayaran lewat ATM Mandiri atau bank lain.

Cara Mendapatkan Kode Billing

Untuk bisa mendapatkan kode billing, maka silahkan kunjungi situs pajak.go.id seperti yang sudah kami sampaikan diatas. Setelah itu silahkan ikuti cara – cara berikut ini untuk mendapatkan kode billing pembayaran pajak NPWP.

1. Login Akun NPWP

1. Login Akun NPWP
Advertisements

Silahkan klik menu login yang ada pada bagian kanan atas, kemudian isi dengan Nomor NPWP dan Password dengan benar.

2. Pilih Menu Bayar E-Billing

2. Pilih Menu Bayar E Billing

Setelah masuk ke halaman utama, silahkan klik menu Bayar yang ada pada bagian menu diatas. Kemudian dilanjutkan dengan memilih menu E-Billing.

3. Isi Data Setoran

3. Isi Data Setoran

Cara selanjutnya ialah mengisi data setoran dengan benar, pastikan pada bagian nomor NPWP, nama dan alamat sudah terisi dengan benar. Setelah itu klik menu Buat Kode Billing.

4. Cetak Surat Setoran

4. Cetak Surat Setoran

Cara terakhir ialah cetak surat setoran dan simpan surat tersebut agar anda bisa menggunakan kode billing untuk membayar pajak NPWP lewat ATM Mandiri.

Cara Bayar Pajak di ATM Mandiri

Apabila anda sudah mendapatkan kode billing untuk membayar pajak NPWP, maka saatnya anda menuju ke salah satu ATM terdekat untuk melakukan pembayaran pajak lewat ATM Mandiri dengan cara sebagai berikut.

1. Masukan PIN ATM

1. Masukan PIN ATM Mandiri Untuk Bayar Pajak NPWP

Silahkan masukan ATM Mandiri dan masukan PIN ATM dengan benar.

2. Pilih Menu Bayar/Beli

2. Pilih Menu Bayar Beli

Setelah itu silahkan pilih menu Bayar/Beli, selanjutnya pilih menu Lainnya.

3. Pilih Menu Penerimaan Negara

3. Pilih Menu Penerimaan Negara

Cara selanjutnya ialah memilih menu Penerimaan Negara. Kemudian memilih menu PAJAK/PNBP/CUKAI.

4. Masukan ID Billing Pembayaran

4. Masukan ID Billing Pembayaran

Setelah itu silahkan masukan Kode Billing yang telah didapatkan sebelumnya untuk melakukan proses bayar.

5. Konfirmasi Data

5. Konfirmasi Data

Berikutnya akan muncul data pembayaran, pastikan semua data yang muncul pada layar ATM sesuai dengan data diri anda. Setelah semuanya benar, silahkan pilih menu YA.

6. Simpan Bukti Pembayaran

Apabila pembayaran telah selesai dilakukan, silahkan simpan struk atau bukti pembayaran untuk berjaga-jaga.

Akhir Kata

Adapun untuk BIAYA TRANSFER MANDIRI itu sendiri tidak ada, jadi untuk anda yang ingin melakukan pembayaran pajak lewat ATM Mandiri tidak akan dikenakan biaya transaksi.

Dengan ini selesai sudah informasi cara bayar pajak NPWP lewat ATM Mandiri yang Calwriterssfv.com dapat berikan pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi tentang cara bayar pajak yang baru kami berikan diatas dapat bermanfaat.

Advertisements
Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *