Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Cara Bayar Pajak NPWP Lewat ATM BRI

Cara Bayar Pajak NPWP Lewat ATM BRI
Advertisements

Cara Bayar Pajak NPWP Lewat ATM BRI – NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) ialah nomor registrasi yang digunakan untuk membayar pajak seseorang atau digunakan sebagai identitas atau tanda pengenal wajib pajak pada saat kewajiban serta hak dalam hal perpajakan.

Bagi setiap orang (Wajib Pajak) yang sudah memenuhi syarat secara subjektif dan objektif berdasarkan peraturan UU perpajakan, diwajibkan untuk mendaftarkan diri ke kantor Direktorat Jendral Pajak sesuai dengan wilayah tempat tinggal atau bekerja.

Untuk anda yang sudah memiliki NPWP namun belum mengetahui bagaimana cara bayar pajak NPWP, terutama untuk anda yang ingin bayar pajak lewat ATM BRI. Maka ada baiknya jika anda melihat informasi yang akan kami berikan.

Advertisements

Cara bayar pajak NPWP lewat ATM BRI sebenarnya tidak berbeda jauh dengan CARA BAYAR PAJAK LEWAT ATM MANDIRI. Yang membedakan cara bayar pajak tersebut hanya media atau jenis bank yang digunakannya saja.

Keuntungan dan Kerugian Bayar Pajak NPWP di ATM BRI

Keuntungan dan Kerugian Bayar Pajak NPWP di ATM BRI

Sebelum kami bahas cara bayar pajak NPWP. Kami juga ingin membahas sedikit kelebihan dan kekurangan bayar pajak lewat ATM BRI, dimana ada beberapa hal yang membuat orang suka dan tidak suka melakukan transaksi lewat ATM. Baik itu ATM BRI, Mandiri atau bank lainnya.

Beberapa keuntungan dan kerugian bayar pajak lewat ATM itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

Keuntungan Bayar Pajak NPWP Lewat ATM BRI

  • Lebih mudah untuk digunakan.
  • Proses pembayaran lebih cepat.
  • Real time transfer.
  • Bebas biaya administrasi (fee).

Kerugian Bayar Pajak NPWP Lewat ATM BRI

  • Salah input ID Billing lebih beresiko tinggi.
  • Pembayaran tidak dapat dilakukan dimanapun.
  • BPN (Bukti Penerimaan Negara) lebih beresiko hilang.
  • Pembayaran lebih dari satu ID tidak dapat dilakukan.

Cara bayar pajak lewat ATM BRI memang lebih mudah dilakukan, akan tetapi perlu waktu untuk menuju ke mesin ATM tersebut. Berbeda jika anda menggunakan cara bayar lewat mobile banking BRI yang dapat diakses melalui smartphone dari mana saja dan kapan saja.

Syarat Bayar Pajak NPWP Lewat BRI

Syarat Bayar Pajak NPWP Lewat BRI

Sebelum melakukan pembayaran pajak NPWP lewat ATM BRI, maka diperlukan kode billing atau kode pembayaran. Dimana kode billing tersebut bisa didapatkan dengan beberapa syarat, dimana syarat mendapatkan kode billing pajak NPWP adalah sebagai berikut.

  • NPWP wajib pajak
  • Kode setoran dan Kode Jenis Pajak (daftar)
  • Masa dan Tahun pajak
  • Nominal pajak yang akan dibayarkan

Apabila semua syarat diatas sudah lengkap, maka anda bisa langsung mendapatkan kode billing pajak melalui situs djponline.pajak.go.id. Silahkan anda login sesuai dengan nomor NPWP dan masukan password untuk mendapatkan kode billing pajak NPWP.

Cara Bayar Pajak NPWP Lewat BRI

Apabila anda merasa bingung dengan cara bayar pajak NPWP lewat ATM BRI dan belum mengetahui juga bagaimana cara mendapatkan kode billing tersebut. Maka silahkan anda simak informasi tentang cara bayar pajak NPWP yang akan kami sajikan secara lengkap dibawah ini.

Cara Mendapatkan Kode Billing

Untuk mendapatkan kode billing pembayaran pajak NPWP, maka anda bisa mengunjungi situs djponline.pajak.go.id seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Selanjutnya anda tinggal mengikuti cara – cara yang akan kami jelaskan secara lengkap untuk mendapatkan kode kode billing bayar pajak NPWP.

1. Masuk Akun NPWP

1. Login Akun Pajak NPWP
Advertisements

Silahkan pilih menu Login untuk dapat mengakses akun pajak masing-masing. Silahkan masukan Nomor NPWP beserta password secara benar.

2. Pilih Bayar E-Billing

2. Pilih Menu Bayar Pajak NPWP E Billing

Apabila sudah berada pada halaman utama, selanjutnya pilih menu Bayar dan dilanjutkan memilih menu E-Billing untuk mendapatkan kode billing.

3. Mengisi Data Setoran

3. Isi Data Setoran Pajak NPWP

Cara berikutnya tinggal mengisi data setoran secara benar. Pastikan nomor NPWP, nama dan alamat sudah sesuai dengan data diri anda. Karena bagian tersebut terisi secara otomatis. Jika sudah pilih menu Buat Kode Billing.

4. Cetak Surat Setoran

4. Cetak Surat Setoran Kode Billing

Cara selanjutnya tinggal cetak surat setoran, dimana pada surat setoran tersebut sudah berisi kode billing pembayaran pajak NPWP. Jadi simpan surat tersebut dengan baik sampai anda bayar pajak NPWP.

Cara Bayar Pajak NPWP di ATM BRI

Setelah mendapatkan kode billing yang didapatkan secara online, maka cara selanjutnya anda tinggal menuju ke salah satu ATM BRI terdekat untuk melakukan proses pembayaran pajak NPWP lewat ATM BRI. Kemudian anda bisa mengikuti cara berikut ini secara lengkap.

1. Masukan PIN ATM BRI

1. Masukan PIN ATM BRI

Silahkan masukan kartu ATM BRI dan masukan PIN ATM secara benar.

2. Pilih Menu lainnya

2. Pilih Menu Lainnya

Cara selanjutnya tinggal memilih Menu Lainnya untuk melanjutkan ke cara berikutnya.

3. Pilih Pembayaran/Pembelian

3. Pilih Menu Pembayaran dan Pembelian

Berikutnya pilih menu Pembayaran/Pembelian untuk melakukan cara bayar pajak NPWP.

4. Pilih Pajak

4. Pilih Menu Bayar Pajak NPWP

Selanjutnya silahkan pilih menu Pajak.

5. Pilih MPN GEN2

5. Pilih Menu MPN GEN2

Selanjutnya tinggal pilih menu MPN GEN2 untuk melanjutkan cara bayar pajak NPWP lewat ATM BRI.

6. Masukan Kode Billing

6. Masukan Kode Billing Pajak NPWP

Setelah itu silahkan masukan kode billing yang sudah didapatkan sebelumnya, pastikan kode billing yang dimasukan sudah benar. Kemudian pilih menu Tekan Jika Benar.

7. Konfirmasi Pembayaran

7. Periksa Detail Pembayaran

Terakhir tinggal mengkonfirmasi detail pembayaran, pastikan nama dan nomor NPWP anda sesuai. Jika sudah merasa benar, silahkan pilih Tekan Jika Ya.

Maka cara bayar pajak NPWP lewat ATM BRI telah berhasil dilakukan, silahkan simpan bukti pembayaran untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu anda membutuhkan hal tersebut.

Akhir Kata

Sangat mudah bukan untuk cara bayar pajak NPWP, semoga saja dengan anda melihat cara bayar yang kami sampaikan diatas sudah dapat melakukan hal tersebut dengan mudah. Dengan ini selesai sudah informasi tentang cara bayar pajak NPWP lewat ATM yang Ujikokoh.com dapat berikan.

Advertisements
Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *