Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Apa Itu DME Batubara ? Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa Itu DME Batubara
Advertisements

Apa Itu DME Batubara – Belakangan ini ramai beredar kabar jika gas LPG akan digantikan dengan DME. Penggunaan DME sebagai pengganti LPG berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dapat memangkas anggaran sampai dengan 1 juta ton LPG per tahunnya.

Penggunaan DME juga mendukung perubahan ke green economy. Kerja sama gasifikasi batubara ini juga dapat menghemat cadangan devisa negara mencapai 9,7 triliun rupiah per tahunnya, serta dapat membuat lapangan pekerjaan kurang lebih untuk 10 ribu tenaga kerja baru.

Namun apakah DME ini akan ada subsidi seperti gas LPG? Berdasarkan sumber pemerintah, hal tersebut masih perlu dikaji kembali. Akan tetapi jika memang diperlukan subsidi, maka akan ada pemberitahuan lebih lanjut. Dan besarnya subsidi DME kemungkinan akan sama dengan subsidi LPG.

Advertisements

Untuk anda yang sekiranya masih belum mengetahui apa itu DME batubara, maka ada baiknya jika anda melihat informasi yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini. Karena pada kesempatan hari ini kami akan membahas apa itu DME Batubara secara lengkap bersama informasi lainnya.

Apa Itu DME Batubara

Apa Itu DME Batu bara? Pengertian DME (Dimethyl Ether) adalah hasil oalahan dengan bahan utama batubara menjadi sebuah gas. Dimana hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menekan angka impor LPG (Liquified Petroleum Gas) yang sangat tinggi di Indonesia.

Proses gasifikasi batubara menjadi DME sendiri dilakukan di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Adapun pihak-pihak yang terkait dalam proses gasifikasi batubara DME ini diantaranya adalah PT. Pertamina (Persero), Air Products & Chemical Inc (APCI) dan PT. Bukit Asam Tbk (PTBA).

Proyek gasifikasi DME ini sendiri mendatangkan investasi asing yaitu APCI dengan jumlah $2,1 miliar atau jika di rupiahkan setara dengan Rp 30 triliun. Dengan kebutuhan 6 juta ton batubara per tahun, proyek ini dapat menghasilkan kurang lebih 1,4 juta DME per tahun.

Dimana hal tersebut dapat menekan angka impor LPG sebanyak 1 juta ton per tahun. Oleh karena itu, penggunan batubara bisa memperbaiki neraca perdagangan di Indonesia serta diharapkan bisa memberikan multiplier effect lain untuk menarik investor asing ke indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan DME Batubara

Selain dapat menekan angka impor LPG, kelebihan apa lagi yang bisa didapatkan dalam penggunaan DME dari batubara ini? Untuk anda yang ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan DME batubara secara lengkap, maka anda bisa langsung melihat informasi tersebut dibawah ini.

Kelebihan DME Batubara

Meningkatnya penggunaan gas LPG di kalangan masyarakat sendiri memang sangat tinggi, oleh karena itu melakukan impor LPG tidak bisa dihindarkan. Indonesia sendiri dapat melakukan impor LPG sebanyak 5,5 juta sampai 6 juta per tahun.

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia menekankan untuk menggunakan batu bara rendah kalori yang diolah menjadi DME sebagai pengganti LPG. Sehingga hal tersebut dapat menekan angka impor LPG yang sangat tinggi setiap tahunnya.

Kelebihan DME dari batubara adalah mudah terurai di udara, sehingga hal tersebut tidak dapat mengurangi kerusakan ozon serta dapat meminimalisir gas rumah kaca sampai 20%. LPG sendiri dapat menghasilkan gas buang sebanyak 930 kg CO2 per tahun, sedangkan DME sedikit berkurang yaitu 745 kg CO2 per tahun.

Kekurangan DME Batubara

Meskipun terdapat beberapa kelebihan, DME batu bara juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan DME batu bara itu sendiri diantaranya adalah tingkat panas yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan dengan LPG.

Dimana LPG mampu menghasilkan panas mencapai 12.076 Kcal/kg, sedangkan DME hanya dapat menghasilkan panas sebesar 7.749 Kcal/kg. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap proses waktu memasak yang menjadi lebih lama 1,1 sampai 1,2 kali lebih lama.

Karakteristik DME batu bara sendiri tidak berbeda jauh dengan LPG, baik untuk sifat kimia sampai dengan fisika. Karena kesamaan karakter tersebut DME dapat memakai infrastruktur LPG yang sekarang ada seperti misalnya, tabung gas, handling eksisting serta storage.

DME sendiri nantinya akan dikemas menggunakan tabung layakanya LPG, kemudian kompor yang digunakan bisa menggunakan kompor untuk LPG, hanya saja terdapat sedikit modifikasi pada pengaturan udara masuk.

Harga DME Batubara

Lantas berapa harga DME batu bara? hingga saat ini masih belum ada pernyataan resmi dari pemerintah soal harga DME, akan tetapi harga DME akan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga LPG berdasarkan keterangan dari Patra Niaga Irto Ginting, Corporate Secetary PT Pertamina.

Karena permasalahan harga DME sendiri masih dikaji lebih lanjut oleh pemerintah, seperti apakah DME akan diberi subsidi atau tidak. Oleh karena itu, harga DME sendiri sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti seperti penjelasan dari pihak PT Pertamina.

Agen Gas DME

Selain itu, belum diketahui juga apakah nantinya juga akan ada program agen gas DME seperti layaknya AGEN GAS LPG 3KG yang sebelum sudah ada dari pihak pertamina. Hal tersebut mungkin saja bisa diketahui sehubungan dengan harga DME batu bara itu sendiri, karena sampai saat ini juga masih belum dirilis secara resmi.

Akhir Kata

Demikian itu informasi tentang apa itu DME batubara yang sekiranya dapat Calwriterssfv.com berikan untuk anda pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi tentang gas DME batu bara yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan tambahan informasi untuk anda.

Advertisements
Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Cara Menjadi Agen JNE

Jhonson
3 min read

Cara Menjadi Agen BRILink

Jhonson
3 min read

Cara Menjadi Agen SiCepat

Jhonson
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *