Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Cara Menjadi Agen Frozen Food

Cara Menjadi Agen Frozen Food

Cara Menjadi Agen Frozen Food – Bisnis makanan kemasan memang menjadi salah satu ide usaha terbaik saat ini, terutama bisnis frozen food. Tidak hanya sekedar menguntungkan, model bisnis tersebut juga memiliki tingkat pendapatan tinggi karena hampir semua orang senang membeli makanan instan atau beku.

Terlebih lagi, seiring berkembangnya zaman seperti sekarang ini teknik pengemasan makanan juga turut serta mengalami banyak inovasi. Frozen food sendiri merupakan makanan yang dibekukan di dalam sebuah wadah dengan tujuan mengawetkan makanan tersebut sampai siap dimakan oleh konsumen.

Oleh sebab itu, bisnis menjadi agen atau distributor makanan beku siap saji semakin digandrungi oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Jika diantara kalian berencana untuk menjalin kemitraan usaha terkait bisnis waralaba frozen food, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu apa saja persyaratannya serta bagaimana tata cara mendaftarnya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai bagaimana cara menjadi agen frozen food serta apa saja persyaratannya. Selain itu, di bawah ini juga akan kami berikan rincian modal awal menjadi agen makanan beku.

Keuntungan Menjadi Agen Frozen Food

Keuntungan Menjadi Agen Frozen Food

Seperti dijelaskan di atas, salah satu keuntungan menjadi agen dari makanan beku yaitu memiliki banyak konsumen sehingga berpotensi akan memberikan keuntungan lumayan besar. Selain itu, berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika menjadi agen frozen food.

  • Modal awal menjadi agen makanan beku cukup terjangkau.
  • Cocok untuk bisnis rumahan karena tidak perlu menyewa kios ataupun ruko.
  • Peluang bisnis menjanjikan karena bisnis frozen food hampir tidak pernah padam popularitasnya.
  • Peralatan dapat disediakan oleh perusahaan frozen food.

Syarat Menjadi Agen Frozen Food

Syarat Menjadi Agen Frozen Food

Sebagaimana diketahui ketika hendak menjadi reseller atau mitra bisnis frozen food, tentunya kalian harus melengkapi dan memenuhi semua syarat beserta ketentuannya. Nah, sebelum membahas cara menjadi agen frozen food lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa syarat dan ketentuannya di bawah ini.

  • Mengantungi izin edar resmi frozen food.
  • Memiliki kedisiplinan tinggi dalam menjalankan keagenan frozen food.
  • Memahami peluang bisnis menjadi agen makanan beku.
  • Menentukan jenis frozen food yang akan dijual.

Cara Menjadi Agen Frozen Food

Kesuksesan menjadi agen makanan beku ditentukan oleh banyak faktor, mulai dari kejelian agen dalam melihat permintaan pasar, pemilihan produsen sampai menentukan harga produknya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara menjadi agen frozen food di bawah ini.

1. Menentukan Jenis Produk

Menentukan Jenis Produk

Cara pertama dalam memulai bisnis keagenan frozen food yaitu menentukan jenis makanan apa yang akan dipasarkan. Kalian bisa memasarkan berbagai macam jenis frozen food seperti bakso, daging olahan, nugget, sosis, keju, produk olahan cabai dan lain sebagainya. Tahap ini penting untuk dilakukan karena akan menentukan langkah selanjutnya seperti menentukan modal awal hingga membuat strategi pemasarannya.

2. Menentukan Pilihan Produksi

Menentukan Pilihan Produksi

Cara selanjutnya yaitu menentukan pilihan produksi frozen food, apakah menjual produksi sendiri atau menjual brand milik perusahaan lain. Pastinya kedua hal di atas memiliki keuntungan serta risikonya masing-masing. Namun, saran kami sebaiknya jual produk dari brand lain karena berpotensi akan memberikan keuntungan lebih tinggi serta resiko lebih rendah dibandingkan dengan produsennya.

3. Membuat Daftar Peralatan

Membuat Daftar Peralatan

Apabila sudah memantapkan diri mengambil langkah bisnis sebagai agen frozen food, kalian harus membuat daftar peralatan pendukung demi menunjang kelengkapan usahanya. Di bawah ini adalah beberapa contoh peralatan yang bisa dijadikan referensi ketika hendak menjadi agen frozen food.

  • Freezer.
  • Vacuum sealer.
  • Kendaraan niaga.
  • Etalase kaca.
  • Koneksi jaringan internet.
  • Peralatan administrasi kantor.
  • Perlengkapan pengepakan frozen food atau packing.

4. Memilih Supplier Frozen Food

Memilih Supplier Frozen Food

Cara menjadi agen terakhir yaitu memilih supplier terbaik sebagai mitra bisnis keagenan. Dalam memilih supplier rozen food, harus diperlukan banyak pertimbangan dan kehati-hatian. Saran kami, sebaiknya pilihlah supplier frozen food yang sudah memiliki izin edar resmi sehingga sudah terbukti kualitasnya serta terjamin keamanannya.

Modal Awal Menjadi Agen Frozen Food

Modal Awal Menjadi Agen Frozen Food

Menghitung modal awal serta biaya menjadi agen frozen food juga penting untuk dilakukan, mulai dari biaya produksi hingga biaya operasional. Berikut akan kami berikan gambaran modal awal menjadi agen makanan beku dengan metode pemasaran online.

1. Modal Investasi

Modal investasi ini diperlukan untuk membeli perlengkapan keagenan frozen food, salah satunya yaitu freezer dengan harga sekitar Rp 2.000.000. Perlu diketahui bahwa terdapat biaya penyusutan untuk barang investasi per bulannya. Sebagai contoh mesin freezer memiliki masa guna selama 5 tahun, maka perhitungan biaya penyusutan per bulannya yaitu sebagai berikut.

  • 1/60 x Rp 2.000.000 = Rp 33.333

2. Modal Kerja

Selanjutnya yaitu ada biaya modal kerja yang terdiri dari harga produk per bungkus serta biaya pembelian produk. Misalkan harga produk khusus agen per bungkusnya sekitar Rp 20.000 dengan asumsi 200 frozen food dapat terjual dalam kurun waktu 1 bulan, maka perhitungannya akan seperti berikut ini.

  • Biaya pembelian produk : Rp 20.000 x 200 = Rp 4.000.000

3. Biaya Operasional

Terakhir yaitu biaya operasional keagenan frozen food yang terdiri dari biaya listrik, internet hingga biaya lainnya seperti pengemasan produk atau transportasi. Berikut adalah estimasi biaya operasional keagenan frozen food.

  • Listrik : Rp 100.000
  • Internet : Rp 70.000
  • Biaya lainnya : Rp 300.000
  • Total biaya operasional : Rp 470.000

Jadi dari data perhitungan di atas dapat diambil kesimpulan total modal awal yang diperlukan untuk menjadi mitra atau keagenan dari bisnis frozen food yaitu sekitar Rp 6.470.000.

Tips Memilih Supplier Frozen Food

Tips Memilih Supplier Frozen Food

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai syarat serta tata cara menjadi agen frozen food. Agar kalian mendapatkan supplier makanan beku berkualitas, sebaiknya ikuti beberapa tips memilihnya di bawah ini.

  • Pilihlah supplier yang memiliki legalitas usaha seperti NIB, CV ataupun PT.
  • Pilihlah supplier dengan produk frozen food berkualitas.
  • Pilihlah produsen makanan dengan kapasitas produksi stabil setiap bulannya.
  • Pilihlah mitra bisnis yang memiliki support sistem serta komunikasi baik.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa cara menjadi agen dari makanan beku sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Namun, apabila modal awal keagenan dirasa terlalu besar, kalian juga bisa mencoba usaha lainnya seperti MENJADI AGEN SICEPAT.

Itulah sekiranya penjelasan dari Calwriterssfv.com seputar cara menjadi agen frozen food beserta rincian modal awal usahanya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan bahan pertimbangan ketika hendak menjadi agen dari bisnis frozen food.

Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Cara Menjadi Agen BRILink

Jhonson
3 min read

Cara Menjadi Agen SiCepat

Jhonson
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *