Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

20 Contoh Soal Dinamika Partikel Kelas 10 Beserta Jawabannya

Contoh Soal Dinamika Partikel Kelas 10
Advertisements

Contoh Soal Dinamika Partikel Kelas 10 – Pada kesempatan hari ini, kami ingin memberikan sebuah contoh soal kembali untuk kalian semua, dimana contoh soal yang akan kami berikan hari ini merupakan contoh soal dinamika partikel kelas 10.

Materi dinamika partikel sendiri merupakan salah satu materi yang ada pada mata pelajaran fisika, jadi untuk kalian yang ada ditingkat kelas 10 pasti akan menemui materi pelajaran dinamika partikel pada mata pelajaran tersebut.

Apabila kalian merasa masih kurang begitu memahami materi pelajaran yang satu ini, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu contoh soal yang akan kami berikan beserta dengan jawabannya hari ini.

Advertisements

Karena selain memberikan contoh soal, kami juga turut memberikan beberapa pembahasan lainnya seperti pengertian dinamika partikel, jenis-jenis sampai dengan materi apa saja yang biasanya disampaikan pada mata pelajaran tersebut.

Apa Itu Dinamika Partikel

Pengertian dinamika partikel ialah sebuah ilmu yang mempelajari mengenai gaya yang dapat menyebabkan sebuah partikel diam berubah menjadi bergerak ataupun gaya yang bisa mempercepat dan memperlambat sebuah gerak partikel.

Untuk lebih mempermudah analitas penyebab gerak, maka perlu menggunakan sebuah parameter gerak yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Posisi (s)
  • Kecepatan (v)
  • Percepatan (a)
  • Waktu (t)

Dengan menggunakan parameter diatas, maka dapat diketahui dinamika partikel yang dihasilkan. Atau dengan katalain parameter diatas bisa digunakan sebagai rumus dinamika partikel yang nantinya digunakan untuk mengerjakan soal tersebut.

Jenis-Jenis Dinamika Partikel

Dinamika partikel sendiri terdiri dari beberapa jenis, dimana setiap gaya akan memiliki penyebab yang berbeda-beda. Untuk dapat menghitung setiap jenis gaya tersebut, maka perlu mengetahui jenis gaya apa saja yang ada. Berikut ini adalah beberapa jenis dinamika partikel berdasarkan gaya.

1. Gaya Garvitasi

Gaya gravitasi merupakan gaya yang dimiliki oleh bumi pada setiap benda yang ada dipermukaannya atau di dekatnya. Adapun untuk rumus gaya gravitasi atau rumus gaya berat benda adalah sebagai berikut.

W = mg

Keterangan:

  • W = gaya berat benda (N)
  • m = massa benda (kg)
  • g = percepatan gravitasi (m/s2)

2. Gaya Normal

Gaya normal ialah gaya yang bekerja pada sebua bidang serta arahnya tegak lurus dari bidang tersebut. Adapun untuk rumus gaya normal sendiri adalah sebagai berikut.

N = W = m.g

Keterangan:

  • N = gaya normal (N)
  • W = gaya berat benda (N)
  • m = massa benda (kg)
  • g = percepatan gravitasi (m/s2)

3. Gaya Gesek

Gaya gesek merupakan gaya yang bekerja karena adanya sebuah gesekan diantara kedua permukaan benda. Dengan timbulnya gaya gesek, maka benda yang bersentuhan tersebut memiliki sebuah hambatan.

Gaya gesek sendiri terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu gaya gesek statis dan kinetis.

Gaya Gesek Statis

Gaya gesek statis merupakan gaya yang bekerja pada sebuah benda yang diam. Besarnya dari gaya gesek statis sendiri adalah hasil kali dari koefisien gaya gesek dengan gaya normal. Berikut ini adalah rumus gaya gesek statis.

fs = μs × N

Keterangan:

  • fs = gaya gesek statis (N)
  • μs = koefisien gesek statis
  • N = gaya normal (N)

Gaya Gesek Kinetis

Gaya gesek kinetis akan bekerja saat benda sedang bergerak. Besarnya gaya gesek kinetis bisa ditentukan dari hasil perkalian koefisien gaya gesek kinetis dengan gaya normal. Adapun rumus gaya gesek kinetis adalah sebagai berikut.

fk = μk × N

Keterangan:

  • fk = gaya gesek kinetis (N)
  • μk = koefisien gesek kinetis
  • N = gaya normal (N)

4. Gaya Tegangan Tali

Gaya tegangan tali merupakan gaya pada tali pada saat tali tersebut tegang. Arah dari gaya ini bergantung dari titik dimana kalian melihat atau meninjaunya. Adapun untuk rumsu gaya tegang tali adalah sebagai berikut.

ΣF=m.a

Keterangan:

  • ΣF = Resultan gaya yang bekerja pada benda (N)
  • m = massa benda (kg)
  • a = percepatan yang dialami benda (m/s2)

5. Gaya Sentripel

Gaya sentripel ialah gaya yang bekerja dari sebuah benda yang bergerak secara melingkar. Cara kerja gaya sentripel selalu menunjukan pusat lintasan. Berikut ini adalah rumus gaya sentripel.

Fs = m.as

Keterangan:

  • Fs = gaya sentripetal (N)
  • m = massa benda (kg)
  • as = percepatan sentripetal (m/s2)

Materi Soal Dinamika Partikel Kelas 10

Setelah mengetahui pengetian dan jenis soal dinamika partikel, maka perlu diketahui juga materi soal dinamika partikel kelas 10. Dengan mengetahui materi apa saja yang ada pada mata pelajaran tersebut, maka kalian dapat mengerjakan contoh soal dengan lebih mudah.

Adapun untuk materi soal dinamika partikel kelas 10 adalah sebagai berikut.

Contoh Soal Dinamika Partikel Kelas 10

Apabila sudah mengetahui semua hal tentang dinamika partikel, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu contoh soal dinamika partikel kelas 10. Dimana untuk kalian yang sudah ingin mengetahui contoh soalnya secara lengkap, maka bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Akhir Kata

Setelah melihat beberapa contoh soal diatas dan kalian masih tetap merasa bingung, maka ada baiknya jika kalian download contoh soal tersebut. Supaya waktu mengerjakan contoh soal tersebut lebih banyak, sehingga lebih mudah dalam memahami contoh soal yang kami berikan.

Dengan ini berakhir sudah contoh soal dinamika partikel kelas 10 dari Calwriterssfv.com, mudah-mudahan saja beberapa contoh soal diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semuanya.

Advertisements
Jhonson Seorang pecinta yang aktif menulis di website calwriterssfv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.