20 Contoh Soal Skala Kelas 5 SD 2024 PDF dan Kunci Jawaban

Contoh Soal Skala Kelas 5 – Skala adalah perbandingan jarak dua tempat pada peta atau denah dengan jarak sesungguhnya. Apabila pada peta dituliskan skala 1 : 100 maka jarak 1 cm yang terdapat pada peta memiliki jarak sesungguhnya 100 cm atau dalam satuan meter adalah 1 m.

Dan pada kesempatan ini, Calwriterssfv.com ingin memberikan beberapa contoh soal seputar skala untuk kelas 5 SD. Jadi untuk kalian yang sekiranya masih duduk dibangku kelas 5 SD dan kebetulan sedang bingung dengan materi skala bisa melihat beberapa contoh soal dari kami.

Namun selain memberikan contoh soal. Kami juga turut memberikan materi skala kelas 5 SD secara lengkap bersama dengan rumus menghitung skala. Jadi selain kalian mengetahui contoh soal skala, kalian juga akan dapat mengetahui bagaimana cara menghitung contoh soal tersebut.

Apabila kalian merasa sudah ingin mengetahui secara lengkap bagaimana contoh soal yang akan kami berikan secara lengkap bersamaan dengan kunci jawaban dari contoh soal tersebut, maka kalian bisa langsung melihat pembahasan yang akan kami berikan secara lengkap dibawah ini.

Materi Skala Kelas 5

Adapun materi skala kelas 5 umumnya membahas tentang ukuran panjang, luas, jarak, keliling dan juga suhu. Skala sendiri mempunyai kesamaan tinggi dengan rasio, akan tetapi variabel yang dihasilkan oleh rasio tidak memiliki nilai minus atau negatif.

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, apabila skala itu sangat berhubungan dengan perbandingan. Maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk mempelajari juga Contoh Soal Perbandingan terlebih dahulu, supaya kalian bisa lebih mudah dalam mempelajari skala.

Rumus Menghitung Skala

Untuk dapat mengerjakan soal skala dengan benar, maka kalian juga perlu mengetahui rumus menghitung skala. Dimana rumus yang digunakan untuk menghitung skala adalah sebagai berikut:

Rumus Menghitung Skala

Dari rumus menghitung skala diatas, maka dapat digunakan untuk mengerjakan soal untuk mengetahui skala ataupun mengetahui jarak sesungguhnya. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat beberapa contoh soal berikut:

1. Jarak rumah Anto dari sekolah pada denah adalah 6 cm. Apabila jarak sesungguhnya dari rumah Anto ke sekolah ialah 300 m, berapa skala denah tersebut?

Jawaban:

  • Jarak pada gambar = 6 cm
  • Jarak sesungguhnya = 300 m

6 cm/ 300 m = 6 cm / 30.000 cm = 1 : 5.000

2. Peta dengan skala 1 : 1.000.000. Apabila jarak kota A dengan kota B pada peta adalah 15 cm, berapa jarak sesungguhnya kedua kota tersebut?

Jawaban:

Untuk dapat menghitung jarak sesungguhnya, maka menggunakan rumus jarak pada peta/skala.

15 cm : 1/1.000.000 = 15 x 1.000.000 = 15.000.000 cm dikonversi menjadi km maka jawabannya adalah 150 km.

Contoh Soal Skala Kelas 5

Setelah kalian mengetahui bagaimana cara menghitung skala menggunakan rumus skala, maka saatnya kalian mengetahui beberapa contoh soal yang akan kami berikan dibawah ini. Dimana untuk contoh soal yang akan kami berikan kali ini terbagi menjadi dua.

Dimana ada contoh soal pilihan ganda dan essay, namun dari kedua contoh soal tersebut dilengkapi juga dengan kunci jawaban. Sehingga kalian tetap bisa belajar dari kedua contoh soal tersebut.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa langsung melihat contoh soal tersebut bersama dengan kunci jawabannya dibawah ini.

Contoh Soal Skala Kelas 5 Pilihan Ganda

Contoh Soal Skala Kelas 5 Essay

Akhir Kata

Untuk kalian yang sekiranya merasa kesulitan dalam mengerjakan contoh soal diatas, ada baiknya jika kalian download contoh soal tersebut. Sehingga kalian bisa memiliki waktu lebih banyak untuk mengerjakan contoh soal diatas dan bisa lebih mudah untuk memahaminya.

Dengan ini selesai sudah contoh soal skala kelas 5 SD yang sekiranya dapat kami berikan untuk kalian, mudah-mudahan saja informasi tentang contoh soal diatas bisa memberikan banyak manfaat dan membantu kalian semuanya.

Tinggalkan komentar