Contoh Surat Masuk 2024 Struktur dan Cara Membuat

Contoh Surat Masuk – Media komunikasi tertulis yang di kemas dalam bentuk surat di era sekarang ini memang masih begitu penting penggunaannya. Terlebih dengan urusan berbagai pihak terkait yang sifatnya resmi.

Dalam lingkup perusahaan, sekolah atau instansi pemerintahan masih memberlakukan media tertulis yang sifatnya resmi sebagai perantara atas keperluan terkait. Salah satu yang sering di terbitkan sebagai surat resmi adalah surat masuk.

Ada banyak jenis contoh surat masuk resmi yang sering di gunakan dalam lingkup perusahaan ataupun sekolah. Surat yang di kirim dari pihak tertentu baik organisasi atau perusahaan yang di tujukan untuk pihak lain di sebut surat resmi.

Biasanya penerbitan contoh surat masuk tidak jauh dengan urusan bisnis dalam suatu perusahaan. Berikut ini Calwriterssfv.com akan membahas tentang contoh surat masuk dan bagai mana cara membuatnya.

Apa Itu Contoh Surat Masuk

Apa Itu Contoh Surat Masuk

Surat masuk adalah surat yang di terima dari perorangan ataupun instansi dari pihak lain. Penyampaian surat masuk ini bisa juga melalui media pos, ataupun melalui kurir ekspedisi saat proses pengiriman barang.

Adapun tujuan dan fungsi penerbitan surat masuk selain menjadi sarana komunikasi, surat masuk juga bertujuan untuk mewakili penulis,bukti historis, pelaksanaan kerja dan bukti tertulis.

Struktur Surat Masuk

Struktur Surat Masuk

Secara umum bagian-bagian contoh surat masuk hampir sama dengan surat resmi lainnya, berikut ini adalah bagian-bagian pada contoh surat masuk.

  • Kop Surat ( Nama lembaga, logo lembaga, alamat lembaga, nomor telepon dan kode pos dan fax).
  • Tempat dan Tanggal Surat
  • Nomor Surat
  • Lampiran yang di sertakan
  • Perihal
  • Alamat Tujuan
  • Kalimat Pembuka
  • Isi Surat
  • Penutup
  • Tanda Tangan

Cara Membuat Surat Masuk

Cara Membuat Surat Masuk

Prose pembuatan surat masuk sebenarnya hampir sama dengan pembuatan surat resmi pada umumnya. Berikut ini langkah dan tata cara membuat contoh surat masuk yang baik dan benar.

  • Yang pertama adalah anda perlu menyematkan kop surat atau kepa surat, sebagai identitas dari mana surat tersebut berasal, biasanya dalam kop surat meliputi bagian Nama lembaga, Lambang, Alamat dan nomor telfon lengkap.
  • Kemudian langkah ke dua adalah menulis tempat dan tanggal sebagaiinformasi kapan surat tersebut di kirim dan dari mana surat masuk tersebut berasal.
  • Selanjutnya adalah penulisan nomor surat, biasanya surat yang memiliki sifat yang resmi harus menyematkan nomor surat, tujuannya adalah untuk memudahkan pengaturan serta penyimpanan surat dan untuk mengetahui surat jumlah surat yang di keluarkan.
  • Kemudian perihal, perihal ini bertujuan untuk memberi petunjuk tentang kepentingan surat.
  • Alamat dan tujuan bisa menggunakan kata harus menunjukan kata hormat kepada pihak penerima surat.
  • Isi di anjurkan singkat padat dan jelas, karena point penting perihal inti surat harus tersampaikan pada pihak penerima surat.
  • Setelah penulisan tentang isi surat, jangan lupa menuliskan kata penutup serta tanda tangan yang di lengkapi dengan stempel resmi.

Contoh Surat Masuk

Untuk anda yang sudah ingin mengetahui secara lengkap bagaimana contoh surat masuk tersebut, maka anda bisa langsung melihat informasi tentang contoh surat yang akan kami berikan dibawah ini.

1. Surat Masuk Dinas

Surat Dinas

Surat masuk dinas, merupakan salah satu surat yang memiliki sifatnya resmi. Tidak jarang juga surat masuk pada kedunasan membutuhkan surat keluar sebagai balasan terkait kepentingan isi surat.

2. Surat Masuk Resmi

Surat Masuk Resmi 1

Surat masuk resmi memilki jenis dan beragam kepentingan, surat ini bisa di kirimkan siapa saja. Adapun jenis yang bisa di sampaikan perihal komplain secara resmi, surat resmi kantor dan lain sebagainya.

3.Surat Masuk Niaga Perusahaan

Surat Niaga Perusahaan

Penyampaian surat masuk pesanan barang bisa juga di sampaikan pada contoh surat masuk niaga perusahaan. Selain itu surat masuk niaga perusahaan bisa juga di gunakan sebagai mediasi permintaan dan penawaran.

4. Surat Masuk Undangan Rapat

Surat Undangan Rapat

Surat undangan rapat juga termasuk dalam jenis surat masuk. Surat unangan rapat yang sifatnya resmi biasanya harus memberitahukan kesediaan hadir atau pemberitahuan berhalangan hadir melalui surat keluar yang sifatnya resmi.

5. Surat Masuk Penawaran Jasa

Contoh Surat Masuk Penawaran Jasa

Contoh surat masuk penawaran jasa bisa berisikan atau penawaran kerjasama terkait jasa dengan perusahaan lain. Biasanya keputusan penerimaan kerja sama akan di balas melalui surat keluar.

6. Surat Masuk Pesanan Barang

Contoh Surat Masuk Pesanan Barang 1

Surat masuk pesanan barang seringkali di terima oleh perusahaan penyedia barang, tentu saja isinya perihal pesanan. Perusahaan terkait wajib membalas surat balasan dan mengkonfirmasi kesanggupan ataupun ketidaksanggupan.

7. Surat Masuk Penagihan Pembayaran

Contoh Surat Masuk Penagihan Pembayaran

Surat pemberitahuan penunggakan penagihan juga termasuk dalam salah satu surat masuk. Biasanya sering di gunakan perusahaan yang membeli barang ataupun jasa.

8. Surat Masuk Pemberitahuan

Contoh Surat Masuk Pemberitahuan

Surat masuk pemberitahuan, terkadang di gunakan sejumlah instansi pemerintahan ataupun sekolah untuk memberitahukan seuatu kepada seseorang. Jika di lingkup perusahaan bisa di gunakan untuk pemberitahukan proses pengiriman barang.

9. Surat Masuk Bisnis

Surat Bisnis

Keterkaitan bisnis juga dapat di mediasi dengan menggunakan surat masuk, namun sebagai catatan penulisan isi harus di jabarkan dengan jelas. Bisa juga sebagai mediasi untuk mengkonfirmasi pesanan ataupun penolakan barang.

10. Contoh Surat Masuk Kerusakan Barang

Surat Kerusakan Barang

Komplain juga dapat melalui surat masuk yang di tujukan untuk pada pengirim barang. Surat masuk juga dapat di sertakan isi permintaan tanggung jawab dari pihak pengirim.

11. Contoh Surat Masuk DOC

Surat Masuk Doc

Kesimpulan

Sangat mudah bukan cara membuat surat masuk. Msalkan struktur pada surat tersebut dibuat secara lengkap seperti contoh yang ada diatas, maka surat tersebut sudah bena. Dan sudah dapat dikatakan sebagai surat masuk.

Dengan ini selesai sudah informasi yang sekiranya dapat kami berikan pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi yang baru saja kami berikan diatas dapat memberikan banyak manfaat untuk anda semuanya.

Tinggalkan komentar