25 Contoh Soal Debit Kelas 5 dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal Debit Kelas 5 – Kembali lagi pada kesempatan hari ini kami ingin memberikn beberapa contoh soal, dimana untuk contoh soal yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini adalah contoh soal debit untuk kelas 5 SD lengkap dengan kunci jawabannya.

Jadi untuk kalian yang sekiranya masih belum cukup memahami tentang materi debit, terutama untuk kalian yang masih berada pada tingkat kelas 5 SD. Maka tidak ada salahnya apabila kalian melihat dahulu beberapa contoh soal yang akan kami berikan hari ini.

Materi debit ini sendiri terkadang sering muncul dalam beberapa Soal ANBK Kelas 5, oleh karena itu tidak sedikit orang yang mencari seputar materi ini. Barang kali saja kalian merupakan salah satu diantara orang yang sedang mencari materi debit kelas 5.

Maka dari itu, kami sarankan kepada kalian yang sedang mencari materi debit kelas 5 untuk melihat beberapa contoh soal yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini. Siapa tahu saja beberapa contoh soal tersebut dapat membantu kalian.

Pengertian Debit

Debit adalah volume zat cair yang mengalir per satuan waktu. Hal tersebut biasanya digunakan untuk menghitung banyaknya air yang mengalir ke sebuah tempat atau area, seperti misalnya dam dan beberapa tempat penampungan air lainnya.

Dengan mengetahui debit maka akan diketahui berapa lama waktu untuk mengisi area tersebut dan mengetahui volume atau jumlah carian yang dibutuhkan. Atau dapat digunakan untuk mengetahui volume area atau penampungan dari air tersebut.

Rumus -Rumus Debit

Untuk dapat menghitung debit, maka dibutuhkan volume dan waktu. Sedangkan untuk menghitung waktu, maka dibutuhkan volume dan debit. Begitu juga untuk menghitung volume dibutuhkan debit dan waktu.

Oleh karena itu, ditemukan rumus-rumus debit sebagai berikut:

  • Debit = Volume / Waktu
  • Waktu = Volume / Debit
  • Volume = Debit x Waktu

Satuan:

  • Debit (dm3/detik)
  • Waktu (detik/second)
  • Volume (dm3)

Contoh Soal (1)

Sebuah bendungan memiliki pintu yang dapat mengalirkan air 1.200 dm3 dengan waktu yang dibutuhkan ialah 4 detik. Berapa debit air dari pintu pada bendungan tersebut?

Diketahui:

  • Volume: 1.200 dm3
  • Waktu: 4 detik

Ditanya: Debit ?

Jawaban:

Debit = Volume / Waktu
Debit = 1.200 / 4
Debit = 300 dm3/detik

Sehingga debit pintu pada bendungan tersebut adalah sebesar 300 dm3/detik.

Contoh Soal (2)

Debit air yang dihasilkan oleh keran adalah 4 liter / menit, apabila waktu pengisian bak mandi dibutuhkan 3 jam sampai penuh. Berapakah volume air pada bak mandi tersebut.

Diketahui:

  • Debit: 4 liter/menit
  • Waktu: 3 jam

Ditanya: Volume Air?

Jawaban:

Sebelum mengerjakan soal diatas, maka perlu mengkonversikan satuan liter/menit menjadi liter/jam terlebih dahulu. Karena satuan waktu yang digunakan adalah jam, sehingga ditemukan sebagai berikut:

4 liter/menit = 4 : 1/60
= 4 x 60/1
= 240 liter/jam

Setelah mengkonversi satuan debit dari liter/menit ke liter/jam, baru dilanjutkan dengan menghitung volume air yang dibutuhkan dengan cara sebagai berikut:

Volume = debit x waktu
Volume = 240 x 3
Volume = 720 liter

Sehingga volume air yang dibutuhkan untuk mengisi bak mandi sampai penuh adalah 720 liter.

Contoh Soal Debit Kelas 5

Setelah mengetahui beberapa hal tentang debit, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan, yaitu contoh soal debit kelas 5. Dimana untuk contoh soal yang akan kami berikan hari ini terbagi menjadi dua, yaitu contoh soal pilihan ganda dan essay.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa langsung melihat beberapa contoh soal tersebut dibawah ini.

Soal Debit Kelas 5 Pilihan Ganda

Soal Debit Kelas 5 Essay

Akhir Kata

Untuk kalian yang sekiranya masih merasa belum cukup memahami contoh soal yang telah kami berikan diatas, maka kami sarankan kepada kalian untuk download contoh soal tersebut. Sehingga kalian akan lebih banyak memiliki waktu untuk memahami setiap contoh soal yang ada.

Dengan ini berakhir sudah pembahasan mengenai bebrapa contoh soal debit kelas 5 dan kunci jawabannya dari Calwriterssfv.com, mudah-mudahan aja beberapa contoh soal diatas dapat memberikan banyak manfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan komentar